Mengagumkan! Rumah dengan Arsitektur Ini hanya Ada di Indonesia

Indonesia yaitu negara kepulauan paling besar didunia yang terbagi dalam 13. 466 pulau. Keberagaman di Indonesia pantas lah dibanggakan, meskipun berlainan namun masih tetap satu. 

Keberagaman juga ditunjukan berbentuk bangunan rumah yg tidak umum atau dapat disebut unik. Kekhasan itu juga adalah satu hal yang bisa dibanggakan, karena Indonesia juga mempunyai bangunan dengan arsitektur yg tidak umum. 

Hah? Ya, Indonesia juga mempunyai bangunan yang bisa bikin Anda berdecak mengagumi akan. Penarasaran? tersebut penjelasannya. 

1. Rumah Suku Korowai 

Bukan sekedar populer dengan kekayaan flora serta fauna, Papua mempunyai suku-suku asli yang mempunyai kehidupan menarik serta unik. Satu diantaranya yaitu suku pedalaman asli papua yang hidup serta tinggal dirumah pohon setinggi sampai 50 mtr. yang di kenal dengan nama Suku Korowai. 
Suku Korowai menempati lokasi Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Tak seperti suku lain yang bangun rumah Honai juga sebagai tempat tempat tinggal, mereka malah tinggal dirumah pohon. Suku Korowai tinggal dirumah pohon setinggi mulai 15 sampai 50 mtr.. 

Mereka bangun rumah diatas pohon untuk hindari binatang buas serta masalah roh jahat. Bahan yang dipakai untuk bikin rumah pohon datang dari rimba serta rawa di seputar mereka, seperti kayu, rotan, akar serta ranting pohon. Hebatnya bangunan dengan arsitektur unik ini, Untuk mengikat beberapa bahan, seluruhnya memakai tali. Seluruhnya sistem pembuatan rumah dikerjakan dengan memakai tangan. 

2. Rumah Dome 

Rumah Teletubbies yaitu rumah berupa 1/2 lingkaran yang di bangun untuk korban bencana gempa bumi di Yogyakarta pada th. 2006. Rumah Teletubbies sesungguhnya yaitu rumah umum yang dipakai juga sebagai rumah, dimaksud rumah Teletubbies lantaran memiliki bentuk yang serupa dengan rumah pada kartun Teletubbies di tv. 
Rumah Teletubbies juga dimaksud dengan rumah dum (Dome) lantaran memiliki bentuk seperti dum atau tenda 1/2 lingkaran. Rumah Teletubbies mempunyai manfaat paling utama juga sebagai rumah seperti rumah biasanya, namun mulai sejak berdiri rumah itu telah dikondisikan jadi desa wisata. 
Bangunan dengan arsitektur unik itu jadikan juga sebagai desa wisata lantaran bentuk tempat tinggalnya yang unik. Rumah dengan bentuk seperti kubah didesain agar tahan pada guncangan gempa bumi. 

3. Rumah Botol 

Siapa yg tidak mengetahui Ridwan Kamil? Wali kota Bandung yang juga seseorang arsitek populer ini, nyatanya mempunyai bangunan dengan arsitektur unik yang terbuat dari botol sisa lho. 
Terdapat di kota berhawa sejuk, Bandung, Indonesia, arsitek yang akrab disapa dengan sebutan Emil ini bangun tempat tinggalnya dari 30, 000 botol kaca sisa minuman daya. 

Emil menghimpun beberapa puluh ribu botol kaca sisa itu sepanjang 2 th.! Ini tunjukkan komitmennya yang sangatlah tinggi pada rencana rancangan serta idenya untuk sekalian kurangi sampah di kotanya. Nyatanya usahanya tak sia-saia Rumah Botol Ridwan Kamil Memperoleh Penghargaan Green Design Award 2009 BCI Asia. 

Terkecuali memadupadankan rancangan rumah botolnya dengan kayu, Emil juga memadukan susunan botol dengan glass block di bagian-bagian. Manfaat meminimalisir pemakaian cat dibagian luar bangunan, sang arsitek juga membiarkan bagian-bagian beton terekspos serta menghadirkan warna natural betonnya. Aksentuasi kontras didapat dari pemakaian furnitur serta elemen interior yang lain dibagian dalam. 

4. Goa Gala-Gala 

Cukup gampang temukan Bangunan dengan arsitektur unik ini, di mulut gangnya tercantum papan bertuliskan Underground House. cuma berjarak 100 mtr. dari mulut gang, Goa Gala-Gala ini terdapat di segi kiri jalan. Masuk areal Gala-Gala, saya disambut papan besar yang berisikan histori pembuatan Goa Gala-Gala. 

Yaitu Mangku Byasa seseorang Petapa Hindu yang bikin Rumah bawah tanah ini dalam kurun saat 15 Th. (1961-1976). Beliau di inspirasi dari fragmen cerita Mahabarata waktu Pandawa melarikan diri dari Korawa dengan bangun rumah dibawah tanah. Hebatnya Mangku Byasa bangun rumah seluas 500 mtr. persegi dengan 7 pintu masuk serta 3 ventilasi cuma berbekal linggis. (Maulina)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. masalah sampah di Indonesia menjadi masalah yg sepertinya sulit terpecahkan karena berbagai faktor, selain masalah faktor manusia yang tidak disiplin dalam membuang sampah juga faktor sarana dan prasaran yang tidak memadai. Kami RAJA PLASTIK INDONESIA memberikan solusi dalam mengahdapi masalah sampah ini dengan menawarkan produk tempat sampah plastik dengan berbagai jenis dan ukuran. silahkan hubungi kami melalui website berikut : http://www.rajaplastikindonesia.com/kategori-produk/green-leaf/industrial-horeca/tempat-sampah-plastik/, http://www.tempatsampahplastik.net, http://www.rajaplastik.co.id

    BalasHapus