SHALAT DENGAN PACAR TERNYATA BERDOSA! BACA INI


Bolehkah salat berduaan dengan pacar? Nyatanya tak disarankan. 

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda, 

لَا يَخ�'لُوَنَّ رَجُلٌ بِام�'رَأَةٍ إِلَّا وَمَعَهَا ذُو مَح�'رَمٍ 

”Jangan hingga seseorang lelaki berdua-duaan dengan seseorang wanita, terkecuali dia ditemani mahramnya. ” (HR Al-Bukhari 5233 serta Muslim 1341). 

Lalu dari Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

لَا يَخ�'لُوَنَّ رَجُلٌ بِام�'رَأَةٍ إِلَّا كَانَ ثَالِثَهُمَا الشَّي�'طَانُ 

”Jangan hingga seseorang lelaki berdua-duaan dengan seseorang wanita. Bila berlangsung makhluk ketiganya yaitu setan. ” (HR Ahmad 177, At- Turmudzi 2165, serta dishahihkan Syuaib al-Arnauth). 

Abu Ishaq as-Syaerozi – ulama syafiiyah – (w 476 H) menyebutkan, 

ويكره أن يصلي الرجل بامرأة أجنبية ; لما روي أن النبي قال : لا يخلون رجل بامرأة فإن ثالثهما الشيطان 

Makruh (tahrim) seseorang laki-laki shalat mengimami seseorang wanita yang bukanlah mahram. 

Berdasar pada hadis yang diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, ”Jangan hingga seseorang lelaki berdua-duaan dengan seseorang wanita. Bila berlangsung makhluk ketiganya yaitu setan. ” (al-Muhadzab, 1/183). 

Penjelasan an-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, 

المراد بالكراهة كراهة تحريم هذا إذا خلا بها : قال أصحابنا إذا أم الرجل بامرأته أو محرم له وخلا بها جاز بلا كراهة لأنه يباح له الخلوة بها في غير الصلاة وإن أم بأجنبية وخلا بها حرم ذلك عليه وعليها للأحاديث الصحيحة 

Yang disebut makruh dari info beliau yaitu makruh tahrim (berarti : haram). 

Ini bila lelaki itu berduaan dengan seseorang wanita. 

Beberapa ulama madzhab Syafii menyampaikan, jika seseorang lelaki mengimami istrinya atau mahramnya, serta berduaan dengannya, hukumnya bisa serta tak makruh. 

Lantaran bisa berduaan dengan istri atau mahram diluar shalat. Tetapi bila dia mengimami wanita yang bukanlah mahram serta berduaan dengannya, hukumnya haram untuk lelaki itu serta haram juga untuk si wanita. (al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, 4/277). 

Bahkan juga an-Nawawi juga mengatakan info dari Imam as-Syafii, bahwa beliau mengharamkan seseorang laki-laki sendirian, mengimami jamaah wanita, sesaat diantara jamaah itu, tak ada seseorangpun lelaki. 

Kata an-Nawawi, 

ونقل إمام الحرمين وصاحب العدة.. أن الشافعي نص على أنه يحرم أن يصلي الرجل بنساء منفردات إلا أن يكون فيهن محرم له أو زوجة وقطع بانه يحرم خلوة رجل بنسوة إلا أن يكون له فيهن محرم 

Imamul Haramain serta penulis kitab al-Uddah.., bahwa Imam as-Syafii menyatakan, haramnya seseorang laki-laki mengimami jamaah sebagian wanita tanpa ada lelaki yang lain. Terkecuali bila ada di antara jamaah wanita itu sebagai mahram si imam atau istrinya. Beliau juga menyatakan, bahwa terlarang seseorang lelaki ada sendirian di dalam beberapa wanita, terkecuali bila diantara mereka ada wanita mahram lelaki itu. (al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, 4/278). 

● Kenapa Diharamkan? 

Sekalipun dalam keadaan beribadah, kita diperintahkan untuk hindari semua bentuk fitnah. Tidak kecuali fitnah syahwat. 

Dalam Syarh Zadul Mustaqni’, Syaikh as-Syinqithy menuturkan, 

وإذا خلا بأجنبية فإنه منهي عن هذه الخلوة لقوله عليه الصلاة والسلام : ما خلا رجلٌ بامرأة إلا كان الشيطان ثالثهما، وقال :  (ألا لا يخلون رجلٌ بامرأة) فهذا نهي، قالوا : وبناءً على ذلك لا يصلي الرجل الأجنبي بالمرأة الأجنبية على خلوة؛ لأنه قد يخرج عن مقصود الصلاة إلى الفتنة 

Jika seorang berdua-duaan dengan seseorang wanita yang bukanlah mahram, hukumnya terlarang. Berdasar pada sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ’Jika seseorang lelaki berduaan dengan wanita, jadi setan yang ketiganya. ’ Beliau juga bersabda, ’Janganlah seseorang lelaki berduaan dengan seseorang wanita. ’ Ini larangan. Beberapa ulama menyampaikan, berdasar pada hal semacam ini, tak bisa seseorang lelaki mengimami shalat dengan wanita yang bukanlah mahram, dengan cara berdua-duaan. Lantaran mungkin saja keluar dari maksud paling utama yakni shalat, jadi sumber fitnah syahwat. (Syarh Zadul Mustaqni’, 3/149). 

Hal yang sama saja di sampaikan Imam Ibnu Utsaimin, 

إذا خَلا بها فإنَّه يحرُمُ عليه أن يَؤمَّها ؛ لأنَّ ما أفضى إلى المُحَرَّمِ فهو محرَّمٌ 

Jika seseorang lelaki berduaan dengan wanita yang bukanlah mahram, jadi haram baginya untuk jadi imam untuk wanita itu. Lantaran semua yang dapat mengantarkan pada yang haram, hukumnya haram. (as-Syarh al-Mumthi’, 4/251).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: