Cara Jitu Hindari Mata Perih Saat Memotong Bawang


Rasa perih memang umum dialami pada umumnya orang pada saat memotong bawang. Di mana pada waktu mengiris type rempah-rempah ini, bau yang cukup tajam dapat bikin mata meneteskan air mata saat mengupas atau memotongnya. Hingga hal sekian sering jadikan seorang mesti menggunakan kacamata saat sebelum memotong bawang. Tetapi anda jangan sampai khawatir, bahwa ada cara yang pas dalam memotong bawang tanpa ada anda mesti terlebih dulu menggunakan kacamata. 

Hingga dalam hal potong memotong type bahan masakan ini, anda dapat lebih gampang serta nyaman tanpa ada menyebabkan rasa perih, yang dapat bikin anda kesal dalam memotongnya. Dengan hal tersebut, sesungguhnya terdapat beberapa cara yang dapat anda aplikasikan dalam mengiris bawang ini. Hingga hal itu dapat anda buat jadi pilihan yang sesuai sama selera anda dalam mengaplikasikannya. Serta inilah sebagian panduan yang cukup ampuh dalam menangani rasa perih saat mengiris atau memotong bawang. 

1. Membekukan bawang 
Agar bawang tidak menyebabkan rasa perih saat dipotong atau diiris, jadi anda dapat menaruhnya terlebih dulu ke kulkas yang mungkin saja telah ada dirumah anda. Hal demikian karena sel pada bawang apabila dibekukan bakal mempunyai reaksi yang lambat. Dengan demikian anda dapat mengiris bawang itu sesudah lebih kurang 15 menit anda masukkan ke kulkas itu. Lalu butuh anda ingat, bahwa saat sebelum bawang itu dimasak, sebaiknya anda dapat menanti sampai kandungan dingin pada bawang itu menyusut. Lalu barulah anda dapat memasaknya. 

2. Jangan memotong bagian akar terlebih dahulu 
Dalam menangani rasa perih ketika memotong atau mengiris bawang ini, Sebaiknya anda dapat menjaga akar dari bawang merah itu, serta jangan sampai memotongnya terlebih dulu. Hal semacam itu karena bila akar bawah dipotong dulu, bakal dapat bikin enzim pada mata condong terkonsentrasi pada akar itu. Diluar itu, membiarkan terlebih dulu akar bawang bakal menghindar pelepasan pada seluruhnya uap yang beresiko pada bawang itu. Yang mana uap itu bakal dapat jadikan mata merasa perih. Dengan mengaplikasikan mencari ini, bakal dapat kurangi rasa perih ketika mengiris bawang. 

3. Menarik napas dalam-dalam 
Dengan cara bernapas lewat mulut serta menjulurkan lidah anda keluar, hal sekian dapat menjadi cara untuk kurangi rasa pedih ketika memotong bawang. Hal semacam ini karena uap bawang dapat bikin anda meneteskan air mata, serta merasa perih saat berhubungan dengan air yang ada pada bola mata. Dengan hal tersebut, apabila anda menangkap uap bawang itu dengan menjulurkan lidah, jadi uap bawang itu akan tidak meraih mata. Hingga dapat jadikan mata anda tidak merasa perih ketika mengiris bawang itu. 

4. Memotong bawang sembari menyalakan lilin 
Memotong bawang sembari barada di dekat lilin yang menyala atau di dekat kompor, ini bakal dapat menghindar rasa perih yang diakibatkan oleh uap dari bawang itu. Hal demikian karena udara panas dapat menghindari senyawa uap bawang dari mata anda. Hingga rasa pedih akan tidak hampiri anda ketika mengiris bawang itu. 

Oleh karenanya, cara ini bisa anda aplikasikan supaya dapat menyelamatkan rasa perih saat punyai urusan dengan type rempah-rempah yang satu ini. Dengan demikian, anda dapat mengiris atau memotong bawang dengan gampang serta nyaman, tanpa ada harus diiringi dengan meneteskan air mata.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar