Jangan Remehkan! Buah Ciplukan Mampu Usir Penyakit Gondongan dan Borok


Penah terkena penyakit Gondongan (Mumps atau Parotitis)? Atau keluarga Anda tengah merasakannya? Pasti dapat sangatlah terganggu lantaran seluruhnya organ badan yang lain dapat rasakan meriang. Selera makan juga dapat alami penurunan lantaran pipi atau leger dapat membengkak. 

Penyakit Gondongan yaitu satu penyakit menular di mana sesorang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) diantara telinga serta rahang hingga mengakibatkan pembengkakan pada leher sisi atas atau pipi sisi bawah. 
Penyakit gondongan menyebar di semua dunia serta bisa muncul dengan cara endemic atau epidemik, Masalah ini condong menyerang anak-anak yang berusia 2-12 tahun. Pada orang dewasa, infeksi ini dapat menyerang testis (buah zakar), system saraf pusat, pankreas, prostat, payudara serta organ yang lain. 

Janganlah cemas dikarenakan penyakit ini terkecuali bisa diobati melalui jalan medis, penyaki ini dapat juga sembuh dengan bermacam tanaman obat yang ada di Indonesia. Satu diantaranya dengan memakai tanaman Ceplukan atau dalam bahasa Jawa dimaksud Ciplukan. 

Diambil dari alamendah. org, tanaman yang dalam bahasa latin dikatakan sebagai Physalis angulata adalah salah satu tumbuhan herbal yang hidup semusim serta memiliki tinggi seputar 1 mtr. saja. Ceplukan atau ciplukan (Physalis angulata) yang memiliki buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya beragam manfaat terlebih juga sebagai tanaman herbal (obat-obatan). 
Ceplukan juga di kenal dengan adanya banyak nama daerah (lokal) seperti keceplokan, ciciplukan (Jawa), nyornyoran, yoryoran, (Madura), cecendet, cecendetan, cecenetan (Sunda), kopok-kopokan, kaceplokan, angket (Bali), leletep (beberapa Sumatra), leletokan (Minahasa), Kenampok, dedes (Sasak), lapunonat (Tanimbar, Seram), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan sebagainya. 

Dalam bahasa Inggris di kenal juga sebagai cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, serta winter cherry. Sedang dalam bhs ilmiah (latin) dikatakan sebagai Physalis angulata yang bersinonim dengan Physalis minima serta Physalis peruviana. 

Timbulnya beragam manfaat ciplukan itu disebabkan ada sebagian kandungan yang ada didalam ciplukan seperti vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol serta lain sebagainya. Tanaman serta buah Ciplukan ini mempunyai peran juga sebagai antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralisir toksin serta anti hiperglikemi. 

Selanjutnya bagaimana caranya memakainya untuk menyembuhkan gonodngan atau penyakit tenggorokan? Pada intinya seluruhnya sisi tumbuhan ciplukan itu cara pemrosesannya hampir sama yakni dengan merebusnya terlebih dulu lalu tinggal meminumnya. Tetapi untuk buahnya, bisa merebusnya terlebih dulu atau bisa mengkonsumsinya dengan cara segera. Yang butuh dicatat yaitu saat anda membuat ramuan ciplukan ini janganlah dilewatkan sampai satu hari semalam, karena bila anda mengonsumsinya sudah melawati sehari satu malam kandungan yang ada didalamnya telah rusak. 

Terkecuali dapat untuk menyembuhkan Gondongan, Ciplukan juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan penyakit lain. Laman manfaat. co. id mengatakan, Ciplukan dapat diggunakan untuk mengibati penyakit tersebut. 

Obat Untuk Bisulan 
Juga sebagai anti radang yang sangatlah bermanfaat, daun ciplukan juga bisa dipakai untuk menyembuhkan bisulan pada kulit. Caranya cukup gampang, yakni dengan memoleskan air rebusan daun ciplukan ke bisul yang tengah meradang. Tetapi pastian tangan anda dalam situasi bersih. 

Mempercepat Pengeringan Borok 
Untuk yang menanggung derita sakit borok juga bisa diatasi dengan daun ciplukan. Cuma dengan menumbuk daun ciplukan dengan alu, lalu berikan pada borok yang tengah meradang. Borok yang tengah dihadapi bisa makin cepat jadi kering. 

Bisa Menyembuhkan Flu 
Salah satu manfaat dari daun ciplukan lantaran khasiatnya yang bisa menyembuhkan seorang yang tengah diserang flu. Cara pembuatan obatnya juga tidaklah suit yakni : 

Potong-potong daun ciplukan sampai jadi sebagian bagian 
Lalu rebus dengan air hingga mendidih 
Minum air rebusannya, sampai sembuh 

Menyembuhkan Pertusis 
Daun ciplukan juga dapat dibuktikan bisa jadi obat untuk yang alami batuk rejan atau pertusis. Kandungan dalam daun ciplukan bisa meredakan batuk ini dengan cara alami dengan cara bertahap, tetapi tidak kembali pada. 

Menyembuhkan Kencing Manis 
Manfaat lain yang bisa Anda rasakan dari daun ciplukan adalah karena khasiatnya yang bisa menyembuhkan kencing manis. Pasien kencing manis cuma butuh meminum rebusan daun ciplukan dengan cara teratur supaya penyakit kencing manis bisa selekasnya hilang. 

Kurangi Penyakit Paru-Paru Basah 
Manfaat daun ciplukan juga sangatlah besar untuk yang menderita penyakit paru-paru basah. Terlebih air rebusan daun ciplukan yang dikonsumsi dengan teratur, bisa kurangi masalah kesehatan ini. (dia)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar