Kenapa Orang Percaya Musibah Jika Tabrak Kucing? Coba Baca Hadis Ini


Beberapa kalangan di tanah air yakin dapat efek bahaya bila melukai kucing, terlebih menabrak kucing sampai tewas di jalanan. Kenapa sekian? penulis sendiri belum tahu jawabannya, tetapi, nash hadis tentang kucing dibawah ini mungkin saja petunjuk. 
Kisah hadis, ada seseorang wanita yang dikisahkan oleh Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam. Si wanita mengurung seekor kucing hingga ia mati kelaparan serta kehausan. Karena perbuatan itu si wanita juga masuk Neraka. 

Nash Hadis 
Bukhari meriwayatkan dari Ibnu Umar dari Nabi ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, yang berarti : 
“Seorang wanita masuk Neraka karena seekor kucing yang diikatnya. Dia tidak memberikannya makan serta tidak biarkan makan serangga bumi. ” 
Dalam kisah Bukhari, “Seorang wanita disiksa karena seekor kucing yang dia kurung hingga mati. Dia masuk Neraka karena itu. Dia tidak memberikannya makan serta minum pada saat. Mengurungnya. Dia tidak juga biarkan dia makan serangga bumi. 
”Rasulullah ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam sudah lihat wanita yang mengikat kucing ini ada di Neraka pada saat beliau lihat Surga serta Neraka pada shalat gerhana. 

Dalam Shahih Bukhari dari Asma binti Abu Bakar bahwa Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, yang berarti : “Lalu Neraka mendekat kepadaku hingga saya berkata, ‘Ya Rabbi, saya berbarengan mereka? ’ Saya lihat seseorang wanita. Saya menganggap wanita itu terserang oleh seekor kucing. Saya ajukan pertanyaan, ‘Bagaimana ceritanya? ’ Mereka berkata, ‘Dia menahannya hingga mati kelaparan. Dia tidak memberikannya makan serta tidak juga biarkan mencari makan. ” Nafi’ berkata, “Menurutku dia berkata, ‘Mencari makan dari serangga bumi. ” 
Muslim meriwayatkan dari Jabir hadits Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam yang lihat seseorang wanita yang mengikat kucing ada di Neraka. Di dalamnya ada info bahwa wanita itu datang dari Bani Israil. Dalam kisah lain dijelaskan bahwa wanita itu datang dari Himyar. 

Takhrij Hadis 
Hadits perihal kucing dalam Shahih Bukhari dalam Kitab Bad’il Khalqi, bab”Jika lalat jatuh ke bejana salah seseorang dari kalian” (VI/356), no. 3318. Serta dalam Kitab Ahaditsil Anbiya’, no. 3482. Serta dalam Kitabul Musaqah, bab keutamaan berikan minum, 5/41, no. 2365. 
Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya dari Abu Hurairah serta Abdullah bin Umar dalam Kitabus Salam, bab ”Diharamkannya membunuh kucing” 

Hadits tentang Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam lihat seseorang wanita yang mengikat kucing diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahih-nya dalam Kitabul Adzan serta Asma’ binti Abu Bakar (2/231, no. 745) serta Kitabul Musaqah Abdullah, keutamaan berikan minum air. 
Mengenai kisah Muslim perihal Rasululloh ShallAllohu ‘alaihi wa Sallam lihat wanita yang menyiksa kucing ada dalam Kitabul Kusuf, bab apa yang dipertunjukkan pada Rasululloh dalam shalat Kusuf. 

Penjelasan Hadis 
Ini yaitu cerita wanita Himyariyah Israiliyah yang mengurung seekor kucing, namun dia tidak memberikannya makan serta minum sampai kucing itu mati karena kelaparan serta kehausan. 
Ini tunjukkan kerasnya perilaku wanita itu, begitu tidak baik akhlaknya, dan tiadanya belas kasih di hatinya. Dia berniat menyakiti. 
Bila di hatinya ada belas kasih, pasti dia melepas kucing itu. Serta kelihatannya dia mengurungnya selama siang serta malam. 

Ia rasakan haus serta lapar dengan nada yang memelas meminta pertolongan serta pertolongan. 
Nada dengan ciri sendiri yang di kenal oleh beberapa orang yang mengetahui nada. 
Walau demikian, hati wanita ini sudah membatu serta tidak terketuk oleh nada pilu kucing itu. 
Dia tidak menghiraukan harapan serta impiannya. Nada itu melemah, lantas selanjutnya menghilang. Kucing itu mati. Ia mengadu pada Tuhannya perihal kezhaliman manusia yang hatinya keras serta membatu. 

Bila wanita ini mau agar kucing ini terus di tempat tinggalnya, dia mungkin saja saja memberikannya makan serta minum yang dapat melindungi hidupnya. 
Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam sudah mengemukakan pada kita bahwa kita mencapai pahala dengan berbuat baik pada binatang. 
Bila dia malas memberikannya makan yang menjaganya dari hidup, jadi dia mesti melepasnya serta biarkan bebas di bumi Alloh yang luas. 
Ia pasti memperoleh makanan yang dapat melindungi hidupnya. Lebih-lebih, Alloh sudah sediakan rizki untuk kucing itu dari sisa-sisa makanan orang, begitupun serangga-serangga yang ditangkapnya. 

Perbuatan ini sudah mencemoohkakan wanita itu, hingga dia masuk Neraka. Rasulullah ShallAllahu ‘alaihi wa Sallam lihat kucing itu memburu wanita yang menahannya di Neraka. 
Bekas-bekas cakaran tergores di muka serta badannya. Beliau lihat itu pada saat Surga serta Neraka dipertunjukkan kepadanya ketika shalat gerhana. 

Manfaat Hadis 
1. Besarnya dosa beberapa orang yang menyiksa binatang serta menyakitinya dengan memukul serta membunuh. Wanita ini masuk Neraka karena dia jadi karena kematian seekor kucing. 
2. Bisa menahan binatang seperti kucing, burung, dsb, bila di beri makan serta minum. Bila tidak dapat atau tidak mau, jadi sebaiknya melepaskannya serta biarkan pergi di bumi Alloh yang luas untuk mencari rizkinya sendiri. 
3. Di Akhirat, manusia diadzab sesuai sama tindakannya didunia. Wanita ini terserang oleh seekor kucing di Neraka dengan mencakari badannya. 
Wallahu a'lam. (muslimahcorner)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar