Ketiak Bau? Atasi dengan Jeruk Nipis


Jakarta Pohon buah ini mudah tumbuh di sembarang tempat. Terkecuali juga sebagai penyedap makanan, telah mulai sejak lama buah ini di kenal bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya untuk menyingkirkan bau ketiak. 

Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia Swingle) atau yang sering dimaksud juga jeruk pecel, jeruk asam, sitron, banyak ditanam di pekarangan rumah serta kebun. Jeruk nipis yaitu tumbuhan perdu yang memiliki banyak dahan serta ranting. Tingginya dapat hingga 6m. Daun pohon jeruk bipis berbentuk bulat telur serta setiap daun mempunyai tangkai sendiri. 

Bunganya Aurantifolia Swingle berupa bintang berwarna putih. Batangnya berkayu keras. Umumnya berbuah sesudah 2, 5 th.. Buahnya berupa bulat rata, berkulit tidak tebal serta berwarna hijau kekuningan bila telah tua. Tempat tumbuh tanaman type ini yaitu pada ketinggian 100 mtr. diatas permukaan laut. Tanaman ini tumbuh liar, namun saat ini sudah dibudidayakan. 

Tumbuhan ini termasuk juga familia atau suku rutaceae. Umumnya jeruk nipis ditanam dari hasil cangkokan. Namun dari biji juga bisa didapat tanamannya. Cara ke-2 ini tidak sering dikerjakan orang. Kelebihan dari tumbuhan ini bisa tumbuh pada hampir seluruhnya jenis tanah. 

Sekali tumbuh, tumbuhan ini sedikit membutuhkan pemeliharaan. Tumbuhan ini berbunga selama tahun, hingga buahnya juga bisa didapat setiap waktu. 

Kandungan 
Buah jeruk nipis ini terlebih memiliki kandungan banyak asam sitrat, hingga 7, 6 %. Juga dijumpai ada damar, lemak, mineral, vitamin B1 serta vitamin C. Diluar itu jeruk nipis juga memiliki kandungan minyak terbang, diantaranya sitral, limonen, fellandren, lemon kamfer, geranil asetat, cadinen, serta linalin asetat. 

Rasa jeruk nipis yang asam dapat juga menolong bersihkan nikotin yang ada pada gigi serta mulut orang yang sukai merokok. 

Kegunaan 
Terkecuali manfaat diatas, banyak manfaat jeruk nipis yang lain. Diantaranya untuk disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing/vertigo, nada serak, batuk, bau tubuh, menaikkan nafsu makan, menghindar rambut rontok, sakit kepala/pusing mendadak, ketombe, flu, demam, terlampau gemuk (air buahnya), hentikan rutinitas merokok, amandel. penyakit anyang-anyangan, mimisan, radang hidung (getahnya). 

Pemakaian 
Disentri, ambeien, mencret : akarnya di rebus sepanjang kurang lebih 1/2 jam, lalu disaring, airnya diminum. 

Demam. 
Petiklah 2-4 genggam daun jeruk nipis. Rebus dengan 2 hingga 4 gelas air. Pakai air rebusan ini untuk mengompres pasien yang demam. Caranya dengan membersihkan kain pada air rebusan serta diperas, lantas ditempelkan pada dahi pasien. 

Batuk kronis 
Peraslah suatu jeruk nipis tua. Ambillah air perasannya satu sendok teh. Campur dengan kecap manis. Minumlah tiga kali satu hari. Cara lain untuk menyembuhkan batuk adalah dengan memanggang jeruk nipis sebentar diatas api sampai diprediksikan air didalam jeruk nipis mendidih. Biarlah sebentar sampai buah jadi suam-suam kuku (menghangat), iris buah jeruk nipis itu, selanjutnya segera peras ke mulut sampai mengalir ke tenggorokan. Resep ini baik juga untuk mengobati flu. 

Sakit tenggorokan : Getah batang ditambah dengan sedikit garam bisa dipakai juga sebagai obat. 

Penyakit Kurang Darah 
Siapkan bahan berbentuk daun bayam duri 25 lembar, telur ayam 2 butir, jeruk nipis 1/2 buah, madu murni 2 sendok makan, dan daun tapak liman 10 lembar. Daun bayam serta daun tapak liman dibikin bersih, selanjutnya ditumbuk serta di ambil airnya. Air itu digabung dengan kuning telur, jeruk nipis, serta madu. Aduk hingga rata serta diminum 2 kali satu hari. 

Menghentikan rutinitas merokok 
Isaplah seiris jeruk nipis. Terasa yang asam fresh bikin Anda terangsang untuk minum air putih. Kerjakan sekian kali satu hari. Cara ini terkecuali kurangi hasrat untuk merokok, juga menolong bersihkan nikotin yang telah ada pada gigi serta mulut. 

Bau ketiak yang tidak sedap 
Siapkan jeruk nipis yang digabung kapur sirih. Sesudah mandi, usapkan kombinasi ini pada ketiak serta biarlah sekian waktu saat sebelum dibilas. Kerjakan pagi serta sore hari. Manfaat lain Perasan jeruk nipis yang digabungkan ke pada minuman teh, terkecuali bisa beri kesegaran badan, juga dapat memperlancar keluarnya air kencing.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar