Manfaat dan Khasiat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan


Mengkudu mempunyai nama latin Morinda citrifolia serta termasuk juga dalam keluarga Rubiaceae. Nama yang lain yaitu Indian murbei, murbei pantai, buah keju, atau morinda besar. Di beberapa daerah di Indonesia buah mengkudu di kenal dengan juga sebutan, pace atau cangkudu. Disamping itu orang barat menyebutkan mengkudu dengan nama Noni. 

Terkecuali juga sebagai sumber karbohidrat serta serat, buah mengkudu juga tinggi akan vitamin A serta C, zat besi, serta niasin. Pulp dari buah ini dipakai untuk mempersiapkan juice mengkudu bebas dari sumber lemak serta protein yang baik.  

Manfaat Juice Mengkudu (Noni) 
Pada umumnya, saya telah pernah mengulas tentang manfaat mengkudu di artikel waktu lalu. Di bawah ini sebagian manfaat juice buah mengkudu : 

System Kekebalan Tubuh 
Buah mengkudu mempunyai keseimbangan prima dari vitmain, mineral, asam amino, peptida, serta enzim, yang dikira sebagai tonik yang baik untuk tingkatkan system kekebalan badan. 

Antioksidan 
Riset tunjukkan bahwa juice mengkudu bisa menolong dalam membuat perlindungan serta meregenerasi antioksidan alami pada badan seperti vitamin E serta koenzim Q10 yang pada gilirannya menolong singkirkan radikal bebas. 

Anti-inflamasi 
Juice buah mengkudu juga tunjukkan tindakan sama pada peradangan seperti pada non-steroid anti-inflamasi. 

Analgesik 
Buah mengkudu di kenal sebagai obat pembasmi rasa sakit serta sakit kepala. Orang dahulu menggunakan daun mengkudu untuk membungkus sendi yang terserang gout menyakitkan. Noni mempunyai karakter analgesik, karena 75% efisien juga sebagai morfin sulfat dalam kurangi nyeri. 

Melawan kuman 
Senyawa-senyawa dalam buah mengkudu seperti antrakuinon, skopoletin, serta terpena membuatnya efisien melawan kuman karena mempunyai karakter antibakterial, antijamur, serta antiparasit. 

Anti tumor/anti kanker 
Beberapa peneliti yakini bahwa buah mengkudu menolong menghindar efek merusak dari kanker, juga tidak beracun pada beberapa sel sehat pada badan. Noni memiliki kandungan antrakuinon yang bisa mendetoksifikasi serta menyingkirkan karsinogen saat sebelum mengakibatkan rusaknya pada DNA. 

Menstabilkan desakan darah 
Mengkudu efektid dalam menstabilkan desakan darah pada pasien hipertensi. 

Cara Bikin Juice Mengkudu 
Di bawah ini sebagian resep yang memakai buah mengkudu juga sebagai obat. 

Obat Hipertensi 
Cara penyembuhan : 2 buah mengkudu dibuang bijinya, lalu diparut. Sebauh mentimun diparut serta diperas. Tuang air mentimun ke ramuan mengkudu, beri gula aren serta 2 gelas air panas. Saring. Ramuan ini diminum untuk 3x satu hari. 

Cacing gelang 
Cara penyembuhan : 2 buah mengkudu masak dicuci, lantas dipartu. Beri sesendok makan garam. Peras dengan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x satu hari. 

Melancarkan air seni 
Cara penyembuhan : Sama juga dengan resep untuk cacing gelang. 

Menyembuhkan Batuk 
Cara penyembuhan : 2 buah mengkudu masak dicuci, diparut, lantas diperas. Beri gula batu seperlunya serta sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 3x satu hari. 

Menyembuhkan Diabetes 
Cara penyembuhan : Sebagian helai daun mengkudu dicuci, lantas di rebus hingga masak. Daun ini dikonsumsi juga sebagai lalap. 

Radang usus 
Cara penyembuhan : 2 buah mengkudu masak dicuci, lantas dilumatkan. Peras, beri madu seperlunya. Minum ramuan ini 2x satu hari. 

Diare pada anak 
Cara penyembuhan : 2 helai daun mengkudu dicuci, lantas diolesi minyak goreng, serta garang diatas api hingga layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung. Bebat dengan gurita. 

Kulit bersisik 
Cara penyembuhan : 1 buah mengkudu masak diremas-remas, lantas digosok-gosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan sepanjang 15 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. 

Hepatitis 
Cara penyembuhan : 2 buah mengkudu masak diparut, lantas diperas. Campur dengan gula batu seperlunya. Minum ramuan ini 2x satu hari. 

Eksem 
Cara penyembuhan : Bersihkan 1 buah mengkudu, sedikit kulit pohon mengkudu, akar mengkudu, lantas rebus berbarengan. Sesudah dingin, pakai untuk membersihkan eksem. 

Ketombe 
Cara penyembuhan : 2 atau 3 buah mengkudu masak dilumatkan serta di beri sedikit air. Peras. Airnya digunakan untuk keramas. Biarlah sepanjang kurang lebih 5 menit. Basuh dengan air bersih. Bisa menggunakan shampo untuk menyingkirkan baunya. 

Obat Encok, pegal linu 
Bersihkan 5 helai daun mengkudu yang agak besar, lalu oleskan dengan minyak kelapa. Garang diatas api hingga layu. Panas-panas tempelkan ke sisi yang sakit. 

Masuk angin 
Rebus 1 buah mengkudu, sepotong rimpang lengkuas dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Ramuan ini untuk diminum 2x satu hari. 

Radang tenggorokan serta amandel 
Sebagian helai daun mengkudu dicuci, lalu di rebus hingga masak. Daun ini dikonsumsi juga sebagai lalap. Tetapi, tiap-tiap 1/2 jam sekali berkumurlah dengan air rebusan itu. 

Catatan Utama! 
Tidak sama dengan sari buah lain, sari buah mengkudu diminum cukup dua sendok makan. Waktunya yang pas adalah saat sebelum makan pagi serta saat sebelum makan malam. Jadi, perut masih tetap kosong. Juice mesti diminum sesegar mungkin saja, tanpa ada sistem pemanasan atau perebusan, supaya enzim alami di dalamnya tak rusak. Sepanjang berobat dengan juice buah mengkudu, kita mesti hindari minuman mengandung alkohol serta kopi. 
Sesaat, penggunaan juice ini dilarang untuk beberapa pasien kelainan manfaat jantung, karena dampak sampingannya adalah denyut jantung yang bertambah.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: