Dahsyat,!! Ternyata, Daun Suji Berkhasiat untuk Pengobatan Herbal Begini Cara Mengolahnya


Daun suji termasuk juga tanaman perdu tahunan. Manfaat daun ini nyaris sama juga dengan pandan lantaran sering dipakai juga sebagai pewarna hijau yang alami untuk makanan. Terkecuali bisa memberi warna hijau, daun suji juga mempunyai aroma yang khas serta harum hingga bikin makanan yang ditambah dengan daun ini jadi lebih menggugah selera. 

Terkecuali dipakai juga sebagai pewarna makanan alami, tumbuhan ini dapat umum ditanam juga sebagai tanaman hias di pekarangan lantaran tumbuhan ini memanglah mempunyai bentuk yang indah. Ciri-cirinya suji lebih pendek dari pada pandan wangi. Tumbuhan ini termasuk juga pohon kecil atau perdu tegak dengan tinggi seputar 6 hingga 8 mtr.. Tumbuhan perdu ini bisa tumbuh subur hingga di ketinggian 1000 mtr. diatas permukaan laut. Tetapi tanaman suji bisa tumbuh dengan subur di dekat aliran air (sungai kecil, sumur) atau di daerah pegunungan. 

Terkecuali dipakai untuk menaikkan aroma serta pewarna alami makanan, ternyata daun ini dapat telah dipakai juga sebagai obat tradisional untuk menangani beragam jenis penyakit. Zat kimia flavonoid serta saponin ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya : 

1. Obat tradisional untuk mengobati beri-beri serta disentri. 
Langkahnya : ambillah sebagian lembar daun suji yang masih tetap fresh. Kemudian, bersihkan bersah serta tiriskan. Rebus daun itu dengan 3 gelas air sampai mendidih. Rebus sampai air yang tersisa tinggal setengahnya. Lalu pisahkan daun serta air lewat cara menyaringnya serta dinginkan. Berikanlah ramuan tradisional ini pada pasien disentri atau beri-beri. Ramuan ini bisa diminum satu kali satu hari dengan teratur. 

2. Daun suji bermanfaat untuk mengobati penyakit kencing nanah. 
Langkahnya : penyembuhannya juga hampir sama juga dengan cara untuk menyembuhkan penyakit beri-beri serta disenteri yaitu merebus daunnya. Untuk pasien kencing nanah mesti mengonsumsinya 2 x satu hari 1/2 gelas. 

Oleh karenanya, untuk membuahkan daun suji yang berkwalitas tinggi, baiknya tanaman suji dirawat serta disiram dengan teratur. Hingga, bisa memberi manfaat yang maksimal baik juga sebagai pewarna makanan ataupun untuk penyembuhan tradisional.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar