Kanker Serviks: Ciri-ciri, Penyebab, dan Pencegahan Kanker Serviks


Kanker serviks atau yang dimaksud sebagai kanker mulut rahim adalah salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasar pada data yang ada, dari demikian banyak pasien kanker di Indonesia, pasien kanker serviks meraih sepertiga nya. Serta dari data WHO terdaftar, tiap-tiap th. beberapa ribu wanita wafat lantaran penyakit kanker serviks ini serta adalah type kanker yang tempati peringkat paling atas juga sebagai pemicu kematian wanita dunia. 
  
Kanker serviks menyerang di bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yakni sisi yang sempit dibagian bawah pada kemaluan wanita serta rahim. 
  
Pemicu Kanker Serviks 
Human papilloma Virus (HPV) adalah pemicu dari kanker serviks. Sedang pemicu banyak kematian pada kaum hawa yaitu virus HPV jenis 16 serta 18. Virus ini sangatlah gampang beralih serta menebar, bukan sekedar melalui cairan, namun dapat juga beralih melalui sentuhan kulit. Diluar itu, pemakaian wc umum yang telah terserang virus HPV, bisa menjangkit seorang yang memakainya bila tidak membersihkannya dengan baik. 
  
Diluar itu, pola hidup yang kurang baik dapat juga mengakibatkan terjangkitnya kanker serviks ini. Seperti rutinitas merokok, kurangnya konsumsi vitamin terlebih vitamin c serta vitamin e dan kurangnya konsumsi asam folat. Rutinitas tidak baik yang lain yang bisa mengakibatkan kanker serviks yaitu biasanya lakukan jalinan intim dengan bertukar pasangan, melakukan jalinan intim dengan pria yang sering bertukar pasangan serta lakukan jalinan intim pada umur awal (lakukan jalinan intim pada umur 16 tahun bahkan juga bisa tingkatkan kemungkinan 2x terserang kanker serviks). Aspek lain pemicu kanker serviks yaitu ada keturunan kanker, pemakaian pil KB dalam periode waktu yang sangatlah lama, terus-terusan melahirkan. 
  
Ciri-Ciri Wanita Menanggung derita Kanker Serviks 
Kanker serviks memerlukan sistem yang sangatlah panjang yakni pada 10 sampai 20 tahun untuk jadi suatu penyakit kanker yang pada awalnya dari suatu infeksi. Oleh karenanya, waktu step awal perubahannya bakal susah untuk di deteksi. 

Oleh karenanya di anjurkan beberapa wanita untuk lakukan test pap smear sekurang-kurangnya 2 tahun sekali, lakukan test IVA (inspeksi visual dengan asam asetat, dan lain-lain. Walau susah untuk di deteksi, tetapi tanda-tanda tersebut dapat jadi panduan pada wanita apakah dianya menderita tanda-tanda kanker serviks atau tidak : 
  
Waktu terkait intim sebagai rasakan sakit, bahkan juga sering diikuti pleh ada perdarahan. 
Alami keputihan yang tidak normal dibarengi dengan perdarahan serta jumlahnya berlebih 

Sering rasakan sakit pada daerah pinggul 

Alami sakit waktu buang air kecil 
Ketika menstruasi, darah yang keluar dalam jumlah banyak serta berlebih 
Waktu wanita alami stadium lanjut dapat alami rasa sakit di bagian paha atau salah satu paha alami bengkak, nafsu makan jadi sangatlah menyusut, berat tubuh tidak stabil, sulit untuk buang air kecil, alami perdarahan spontan. 
  
Pencegahan Kanker Serviks 
Di bawah ini yaitu banyak hal yang bisa dikerjakan golongan wanita dalam soal menghindar kanker serviks biar tidak menerpa dianya, diantaranya : 
Lakoni gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan yang cukup nutrisi serta bergizi 

Senantiasa melindungi kesehatan badan serta sanitasi lingkungan 
Jauhi pembersihan sisi genital dengan air yang kotor 
Bila anda perokok, selekasnya hentikan rutinitas tidak baik ini 
Jauhi terkait intim waktu umur dini 
Senantiasa setia pada pasangan anda, janganlah bergonta-ganti terlebih diikuti dengan jalinan intim. 
  
Kerjakan kontrol pap smear minimum kerjakan sepanjang 2 tahun sekali, terutama untuk yang sudah aktif lakukan jalinan intim 
Bila anda belum pernah melakukan jalinan intim, sebaiknya lakukan vaksinasi HPV 
Perbanyaklah mengkonsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, mengkonsumsi vitamin c serta e. 
  
Walau demikian, bila anda telah terdeteksi menderita kanker serviks, jadi terdapat banyak cara penyembuhan yang dapat dikerjakan. Bila terdeteksi kanker serviks stadium awal, jadi penyembuhannya dikerjakan dengan cara menyingkirkan kanker serviks itu dengan cara dikerjakan pembedahan, baik pembedahan laser, listrik atau dengan cara pembekuan serta buang jaringan kanker serviks (cyrosurgery) 

Untuk masalah kanker serviks stadium lanjut dapat dikerjakan penyembuhan dengan cara kemoterapi dan radioterapi, tetapi bila telah terdeteksi cukup kronis, tidak ada lain terkecuali dengan mengangkat rahim (histerektomi) secara detail supaya kanker tidak berkembang.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar