Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes


Diabetes bisa dikontrol dengan cara mengambil pola hidup yang sehat serta seimbang, salah satunya yaitu dengan memperhatikan pola makan atau diet sehari-hari. Hal tersebut pasti dikerjakan agar level gula darah terus normal serta menghindar beragam komplikasi disebabkan diabetes, yang bisa berkembang saat kadar glukosa dalam darah tidak termonitor. 

Karenanya sangatlah utama untuk pasien diabetes untuk mengetahui makanan apa yang perlu dikonsumsi serta makanan yang perlu dijauhi. Makanan yang banyak mengandung gula serta lemak tambah baik dijauhi bila anda menderita diabetes, serta karenanya ada cukup banyak makanan yang baiknya anda jauhi, atau setidaknya dibatasi konsumsinya dengan cara ketat. 

Makanan yang Baiknya Dijauhi oleh Pasien Diabetes 
Bukan sekedar gula, pasien diabetes juga mesti memperhatikan konsumsi karbohidrat yang dikonsumsi. Begitupun perihal dengan makanan yang berkolesterol tinggi, baiknya dijauhi. Sebagian studi juga mengungkap sebagian buah serta sayuran yang beresiko untuk pasien diabetes. Segalanya itu membawa anda pada daftar panjang kategori makanan yang baiknya dibatasi serta dijauhi oleh pasien diabetes. 

Makanan yang Kaya Gula 
Type makanan yang mengandung banyak gula yaitu musuh nomer satu untuk pasien diabetes. Makanan dengan kandungan gula tinggi seperti gula putih (gula pasir), es cream, donat, pastries, cokelat, dan makanan dengan pemanis buatan, dapat sangatlah beresiko untuk orang yang menderita diabetes. Beberapa makanan itu bisa menyebabkan penambahan kadar gula dalam darah, hingga tidak mengherankan bila baiknya dijauhi oleh pasien diabetes. 

Bila memang tidak dapat hindari type makanan ber-gula, anda bisa mengakalinya dengan bikin atau pilih makanan dengan kandungan gula minimum. Tanyakan terlebih dulu dengan dokter anda tentang type makanan manis yang bisa anda mengkonsumsi dan sebagian saran serta tips untuk mengontrolnya.  

Makanan Berkolesterol Tinggi 
Keadaan diabetes menyebabkan kandungan cholesterol baik menurun, serta sebaliknya tingkatkan jumlah cholesterol jahat pada badan. Hal itu mengakibatkan pasien diabetes rentan dengan sebagian penyakit disebabkan cholesterol tinggi, terutama penyakit jantung karena kandungan koleseterol yang tinggi bisa meningkatkan plak pada dinding arteri. 

Oleh karenanya sebagian type makanan yang berkolesterol tinggi seperti kuning telur, beberapa produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, keju, serta lain sebagainya, baiknya dijauhi atau dibatasi secara jeli. 

Juice Buah 
Riset tunjukkan bahwa meminum satu gelas juice buah dengan cara teratur sehari-hari bisa tingkatkan resiko diabetes. Terlebih untuk pasien diabetes, mengonsumsi buah dengan cara segera lebih dianjurkan dari pada menyajikannya berbentuk juice. Konsumsi buah dengan cara segera dapat memberi serat atau fiber, yang mana sangatlah dibutuhkan oleh badan. Sedang juice buah mengandung karbohidrat yang tinggi. Pasien diabetes mungkin saja sesekali terus bisa minum juice buah, akan tetapi mesti dibatasi serta baiknya dikonsultasi terlebih dulu dengan dokter anda. 

Sebagian Buah serta Sayuran 
Meskipun pada umumnya buah-buahan bisa disebutkan menyehatkan, tetapi tidak seluruhnya buah menyehatkan untuk pasien diabetes. Orang yang mempunyai diabetes baiknya hindari type buah-buahan yang mengandung takaran glukosa serta sukrosa yang tinggi. Buah seperti mangga serta strobery menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada pasien diabetes. Begitu pula halnya pada sebagian type sayuran yang kaya kandungan pati, seperti kentang serta labu, juga mesti dibatasi dengan hati-hati. 

Juga sebagai alternatif, anda dapat ganti buah yang kaya gula dengan buah dengan kandungan serat tinggi seperti apel, pir, serta raspberry. Untuk sayuran, anda dapat menggantinya dengan wortel maupun kacang-kacangan. 

Minuman Beralkohol 
Minuman beralkohol condong dapat tingkatkan kadar gula darah, serta mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi bisa membahayakan pasien diabetes. Keadaan hypoglycemia dapat juga terjadi bila konsumsi alkohol dalam situasi perut yang kosong. Diluar itu, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan bisa merusak manfaat liver, yang mana dapat makin menyulitkan badan untuk mengontrol kandungan gula dalam darah. 

Goreng-Gorengan 
Pasien diabates mesti membatasi mengkonsumsi gorengan, terutama yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi, dikarenakan kecenderungannya untuk tingkatkan kandungan cholesterol jahat pada badan, juga sarat dapat lemak trans yang tidak sehat. Bila anda mau konsumsi gorengan, anda dapat pilih atau membuat gorengan yang memakai minyak yang lebih tidak beresiko, umpamanya minyak olive. Serta dapat tambah baik lagi bila anda lebih pilih type makanan yang lebih sehat serta lebih ideal untuk pasien diabetes, yakni type makanan yang dipanggang serta di rebus atau dikukus. 

Terkecuali daftar di atas, sebagian type makanan juga baiknya dibatasi bila anda alami diabetes, diantaranya makanan kaya sodium (misalnya kecap), serta product makanan olahan tepung (pasta, pizza, dan lain-lain). Type makanan fast-food yang banyak di pasarkan dimana-mana baiknya dijauhi sekalipun, dikarenakan beresiko untuk pasien diabetes. 

Meskipun sebagian type makanan sangatlah sulit untuk dijauhi, tetapi pasien diabetes mesti dengan cara ketat berencana serta mengontrol pola makan yang sehat serta sesuai sama. Janganlah berkecil hati dengan daftar banyak type makanan yang perlu dijauhi, lantaran daftar makanan yang dapat dikonsumsi (serta lebih sehat) malah lebih panjang lagi. Segalanya itu bertujuan untuk melindungi keadaan gula darah serta keadaan badan secara umum. 

Hal yang paling utama yaitu dengan ikuti saran makan yang sudah direferensikan oleh dokter anda, termasuk juga saran yang lain untuk menjalankan pola hidup sehat, seperti olahraga, mengontrol stres, serta tidur malam yang teratur.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar