Manfaat Rebusan Daun Sukun Kering / Muda untuk Kesehatan dan Cara Pengolahannya


Sukun adalah tanaman yang buahnya nyaris menyerupai dengan buah nangka serta buah durian. Tanaman yang bernama latin Artocarpus altilis mempunyai buah berbentuk bulat dengan duri yang tidak setajam buah nangka atau durian. Daging buahnya sangatlah empuk, terasanya seperti makan roti. Diluar itu, buah sukun umum di proses juga sebagai camilan berbentuk kripik di banyak daerah di Indonesia. Sedang untuk buah sukun yang masih tetap muda jadikan sayur lodeh yang mempunyai cita rasa yang nikmat. Tetapi, bukan sekedar buah sukun saja yang bermanfaat, daun sukun juga mempunyai manfaat yang tidak kalah bagusnya untuk kesehatan. 

Menurut riset, daun sukun mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit kritis, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, serta penyakit kritis yang lain. Hal ini karena kandungan didalam daun sukun yang bisa menyembuhkan penyakit itu. Di dalamnya ada kandungan tannin, polifenol, quercetin, artoindosionin serta asam hidrosionat. Diluar itu, ada juga kandungan antioksidan type flavonoid serta type senyawa yang lain didalam daun sukun. 

Manfaat Rebusan Daun Sukun untuk Sakit Jantung, Batu Ginjal, dan lain-lain serta Cara Pemrosesannya 

Manfaat Rebusan Daun Sukun 

Menghindar Diabetes 
Bersamaan berjalannya saat, telah banyak riset yang dikerjakan dengan daun sukun serta mengungkap manfaat sari daun sukun itu. Manfaat itu satu diantaranya yaitu bisa menurunkan kandungan gula darah pada pasien diabetes serta menghindarnya. Karena kandungan antioksidan type flavonoid dalam daun sukun yang sudah diisolasi mempunyai karakter anti diabetes kuat yang dapat menghindar serta mengobati diabetes. 

Menangani Penyakit Ginjal 
Daun sukun mempunyai kandungan kalium, polifenol, saponin, asam hidrosianat, tanin, riboflavin, phenol, asetilkolin, serta tannin yang mempunyai manfaat menangani penyakit ginjal, seperti batu ginjal. Kandungan kalium didalam daun sukun akan menghancurkan gumpalan berbentuk batu pada ginjal yang bakal larut berbarengan urine, hingga ginjal bisa berkerja dengan cara normal kembali. Daun sukun umumnya di proses jadi teh yang dapat dikonsumsi dalam situasi hangat sehari-harinya. Meskipun belum ada pembuktian dengan cara medis, telah beberapa orang yang memakai daun sukun juga sebagai obat ginjal serta dapat dibuktikan khasiatnya. 

Melindungi Kesehatan Jantung 
Menurut suatu riset, ekstrak daun sukun mempunyai kandungan antioksidan type sitoserol serta flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung serta melancarkan peredaran darah. Diluar itu, kandungan antioksidan di dalamnya bisa mencegah radikal bebas disebabkan polusi, hingga terlepas dari penuaan awal serta menghindar munculnya sel kanker dan tumor pada badan. 

Menangani Asam Urat 
Untuk pasien asam urat, mengkonsumsi teh daun sukun serta menyeduhnya dengan air panas, selanjutnya tunggulah hingga hangat serta jangan sampai lupa tambahkan gula atau madu seperlunya. 

Turunkan Jumlah Kolesterol 
Jumlah cholesterol yang tinggi pada badan mengakibatkan sebagian masalah kesehatan, satu diantaranya yaitu penyakit jantung serta penyumbatan pembuluh darah. Untuk menangani penambahan cholesterol bisa dikerjakan dengan konsumsi teh daun sukun yang diseduh berbarengan bangle, selanjutnya minum dalam situasi hangat. 

Menghindar Peradangan serta Inflamasi 
Untuk menangani peradangan serta inflamasi bisa memakai daun sukun. Caranya cukup mudah, pertama – tama siapkan satu lembar daun sukun tua, bersihkan sampai bersih. Setelah itu rebus hingga mendidih dengan air sejumlah 5 gelas penuh sampai tersisa setengahnya. Saring serta minum air rebusan daun sukun sehari-hari. 

Demikian tadi, manfaat daun sukun untuk kesehatan. Jadi, sukun bukan sekedar di kenal dengan buahnya yang bisa jadikan keripik atau dapatlah bermanfaat membatu program diet dikarenakan rendah kalori serta kaya serat saja, tetapi sisi daunnya tidak kalah berguna untuk kesehatan.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar