Mengejutkan Rugilah Yang Belum Baca, Ini 5 Tanaman Asli Indonesia Paling Populer Yang Terbukti Ampuh & Berkhasiat


Sungguh kita harus bersukur pada Allah, SWT lantaran tinggal di Indonesia, negeri yang kaya jutaan macam serta type flora yang mempunyai manfaat yang demikian luas ini dikarenakan posisi Indonesia yang terdapat pada sabuk tropis. Di semua dunia ada 40 ribu tanaman obat, 30 ribu salah satunya ada di negeri ini, serta nyaris 7 ribu salah satunya sudah diidentifikasi serta dipakai untuk kebutuhan medis. 

Salah satu tanaman yang disebut tanaman asli Indonesia yaitu Pala. lantaran tanaman Pala ini lah negara eropa seperti Belanda sangatlah berambisi menjajah bangsa ini. Tidak cuma memburu Pala, mereka juga mengerti bahwa Indonesia surganya rempah, seperti cengkeh, lada, teh, serta ada banyak lagi. Kesemua tanaman itu tidak cuma dipakai juga sebagai bumbu masakan, namun berguna juga dalam dunia kesehatan. Karenanya tanaman-tanaman itu mempunyai nilai yang tinggi dalam perdagangan internasional. 

Tanaman asli Indonesia yang popular dipakai dalam penyembuhan didunia medis diantaranya : 

1. Pala (Myristica Fragans Houtt) 
Di negara-negara eropa serta di Asia Pala atau Nutmeg banyak dipakai juga sebagai bumbu masakan. Bijinya memiliki kandungan beragam zat bermanfaat yang bisa dipakai juga sebagai obat, seperti penjelasan kami pada artikel Pala Dapat Tangani Insomnia 

2. Cengkih (Syzigium aromaticum) 
Yaitu tanaman asli Indonesia, terkecuali dipakai juga sebagai bumbu masakan umumnya juga dipakai juga sebagai bahan kombinasi rokok kretek khas Indonesia. Cengkih ditanam di Indonesia (Kepulauan banda) serta Madagaska, diluar itu juga dibudidayakan di Zanzibar, India, serta Sri Lanka. Tanaman Cengkih bisa tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis. 

Cengkih bermanfaat juga sebagai pembasmi rasa sakit, terlebih banyak dipakai oleh dokter gigi. 

3. Temulawak (Curcuma xanthoriza) 
Temulawak mempunyai banyak manfaat serta manfaat diantaranya untuk penyembuhan diare, masalah pencernaan, pelihara manfaat hati, menaikkan nafsu makan, kurangi radang sendi, menurunkan lemak darah serta menyembuhkan jerawat. 

Terkecuali digunakan juga sebagai obat temulawak juga di buat juga sebagai sumber karbohirat yakni dengan mengambil patinya di buat bubur makanan bayi serta beberapa orang yang alami masalah pencernaan. Disisi lain Temulawak juga memiliki kandungan senyawa beracun yang bisa mengusir nyamuk, lantaran tanaman itu membuahkan minyak atsiri yang ampuh mencegah nyamuk. 

4. Brotowali (Tinosporacrispa) 
Brotowali merupakam tanaman asli Indonesia yang bisa dengan mudah didapati di halaman rumah masyarakat atau tumbuh liar di rimba maupun tempat kosong. Brotowali bermanfaat turunkan gula darah, turunkan panas serta demam, kurangi tanda-tanda diabetes, serta menaikkan nafsu makan. Sebagian penyakit bisa sembuh dengan konsumsi daunnya. Umpamanya untuk menangani rematik, radang sendi, demam kuning, malaria, diabetes, serta mengobati luka. 

5. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) 
Tanaman Kumis kucing datang dari lokasi Afrika tropis, lalu menyebar ke lokasi Asia serta Australia. Tanaman ini bermanfaat untuk menyembuhkan sembelit, infeksi ginjal, batu ginjal, diabetes, albuminuria, sifilis, rematik, serta darah rendah.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: