Sering Dibuang,-Si Cantik Alamanda Ternyata Memiliki Sejuta Manfaat Selengkapnya


Tanaman hias bunga alamanda terkecuali cantik ternyata juga mempunyai sejuta manfaat untuk kesehatan. 
Bunga alamanda dalam bhs ilmiah Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang juga sering dimaksud dengan nama terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. 
Datang dari Amerika Tengah serta Selatan serta banyak juga diketemukan di Brazil dimana bunga ini umum dipakai juga sebagai hiasan karena memiliki bentuk sendiri yang indah. Bunga alamanda ini termasuk juga ke suku Apocynaceae. 

Seperti ditulis dari www. obattradisionalpenyakitamandel. blogspot. co. id, inilah sebagian manfaat untuk kesehatan dari si cantik berwarna kuning jelas. Umumnya yang dipakai yaitu sisi akar, daun, serta bunga untuk pengobatan. 

Daun Alamanda mempunyai kandungan alkaloida (senyawa basa bernitrogen yang umumnya heterosiklik serta ada di tumbuhan). 

Kulit batang serta buahnya mengandung saponin. Kulit batangnya memiliki kandungan tannin. Sedang buahnya mengandung flavonoida (senyawa kimia aktif yang jadikan juga sebagai obat penyakit hati) serta polifenol (zat kimia yang mempunyai karakter antioksidan) 

Manfaat yang lain yakni getah bunga alamanda yang berwarna putih mempunyai karakter anti bakteri serta antibiotik hingga bisa jadikan juga sebagai obat penyakit kanker serta pencegah kuman atau bakteri. Bunga ini dapat juga dipakai untuk mencegah komplikasi dari malaria serta pembengkakan limpa, dan bisa dipakai untuk pengobatan penyakit kuning. 

Daunnya dipakai untuk penawar racun serta digunakan juga sebagai ramuan herbal untuk penyakit bisul atau abses, eksim, serta kurap. Rasa daun bunga alamanda ini pedas, pahit, bermanfaat laksatif (pencahar) serta penyebab muntah (emetik). 

Manfaat Bunga Alamanda untuk Kesehatan : 

1. Penawar racun 
Caranya : Cukup siapkan 15 gram daun bunga alamanda fresh bersihkan bersih serta rebus dengan 1 gelas air sepanjang 15 menit sampai mendidih, dinginkan serta minumlah air rebusan daun bunga alamanda ini 2 x sama banyak dengan selang satu jam. 

2. Mematikan belatung serta jentik nyamuk 
Sisi dari tanaman ini yang dipakai yaitu getah dari batang bunga alamanda. 

3. Obat bisul serta kurap 
Cukup bersihkan bersih serta tumbuk halus bunga alamanda serta balurkan di bagian yang terserang bisul itu. 

4. Menangani sembelit 
Seduh daun alamanda, lalu minum. 

5. Obat disentri 
Batang tanaman bunga alamanda ini keras serta bergetah yang dapat digunakan untuk penyakit disentri 

6. Obat Penyakit Kuning 
Tidak cuma batang, daun serta bunganya saja, namun akar bunga alamanda ini dapat memiliki manfaat untuk pencegahan penyakit kuning. (obattradisionalpenyakitamandel. blogspot. co. id/tre)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar