Ternyata Penyakit Mengerikan ini Bisa Disembuhkan Pakai Kelapa Bakar


Berbeda dengan kesegaran kelapa muda, rasa hangat air kelapa bakar diakui dapat tingkatkan daya tahan badan sekalian mengusir keluhan masuk angin. Kelapa yang telah tua selama ini lebih sering di buat santan untuk bahan memasak makanan atau dibikin minyak goreng. 

Akhir-akhir ini kelapa tua mulai dikreasikan dengan cara dibakar tanpa ada dikupas. Ya, dikarenakan dibakar minimum tiga jam, air kelapa yang ada pada batok jadi panas, bukanlah lagi hangat. 

”Lamanya pembakaran untuk melunakkan daging kelapa, sekalian agar sari daging kelapa dapat bercampur dengan airnya. Dikarenakan dagingnya lunak, jadi lebih enak dikonsumsi, namun sebenarnya yang di ambil cuma airnya, ” tutur Agustaf, yang memiliki kedai kelapa bakar di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat. 

Walau tidak sejumlah kedai kelapa muda, jumlah kedai kelapa bakar selalu berkembang. Terkecuali bahan baku yang berbeda, yaitu kepala agak tua yang dibakar sisi luarnya, airnya jadi lebih bermanfaat dikarenakan digabung bermacam rempah, seperti jahe, kayu manis, dan susu plus madu. Kombinasi inilah yang jadikan kelapa bakar disukai sekalian di cari. 

”Rasanya mak nyoos. Dikarenakan sedikit panas, sesudah minum air kelapa bakar tubuh jadi berkeringat serta merasa enteng, ” ungkap Heri, yang berbarengan anak serta istrinya tengah nyeruput air kelapa bakar waktu didapati. 

Tinggi Mineral 

Nikmati air kelapa bakar yang masih tetap mengepul membuat lidah tersengat. Ada baiknya Anda menanti sebagian waktu dikarenakan air kelapa yang baru di buka dapat membuat lidah terbakar. 

Sepersekian detik sesudah diseruput, pedasnya jahe bercampur kayu manis merasa menggelitik kerongkongan. Kombinasi susu serta madu jadikan air kelapa bakar jadi manis. 

Sepintas terasa menyerupai wedang jahe atau bajigur. Masalah manfaat, cukup bermacam yang dijanjikan penjual. Mulai dari tingkatkan daya tahan badan, menangani masalah pencernaan, mengusir keluhan masuk angin, sampai buat mereka yang punya masalah dengan diabetes. Untuk diabetesi, pilihannya pasti tanpa kombinasi susu atau madu. 

Benarkah manfaat kelapa bakar demikian hebat? Tidak cuma cita terasa yang khas, air kelapa adalah cairan yang memiliki kandungan gizi, terlebih mineral, yang sangatlah baik untuk badan manusia. 

Dengan cara spesial, air kelapa kaya potasium (kalium). Terkecuali mineral, air kelapa juga punya kandungan gula (beragam pada 1, 7 hingga 2, 6 %) serta protein (0, 07- 0, 55 %). Tingginya mineral berbentuk potasium di air kelapa, dapat menghimpit resiko terserang stroke untuk pengidap desakan darah tinggi. 

Hasil riset Dr Eugenio Macalalag, pakar urologi dari Chinese General Hospital serta National Kidney Institut, Filipina, tunjukkan bahwa therapy air kelapa efisien melarutkan batu ginjal. 

Tetapi, riset tentang bermacam manfaat itu baru dikerjakan pada air kelapa fresh, bukanlah yang telah dibakar. Sayang, selama ini belum ada riset tentang air kelapa yang telah dibakar. 

Beberapa penjual ataupun customer kelapa bakar memang yakini beragam manfaat itu cuma secara empiris. Menurut Agustaf, menambahkan rempah-rempah tersebut yang membuat manfaat kelapa bakar jadi lebih merasa. 

Rentan Rusak Walau begitu, bukanlah mustahil sistem pemanasan dalam penyajian kelapa bakar malah merubah beberapa zat yang terdapat di dalamnya. Seperti diutarakan Samuel Oetoro, konsultan gizi dari Semanggi Specialist Clinic, bahwa protein serta vitamin paling rawan rusak disebabkan sistem pemanasan. 

Pendapat seperti itu berlaku umum untuk tiap-tiap bahan makanan, termasuk juga kelapa. Karenanya, disarankan Samuel, bila kelengkapan nutrisi yang di cari, tambah baik minum air kelapa muda yang masih tetap fresh. 

Tetapi, ia menyadari kreasi beberapa pedagang yang memberikan rempah-rempah ke kelapa bakar. 

“Untuk variasi, bolehlah minum air kelapa bakar, ” tuturnya. 

Timbulnya perdebatan masalah manfaat kelapa bakar, kelihatannya bukanlah hal utama untuk beberapa customer maupun penjual. Karena mereka setuju kelapa bakar mempunyai manfaat serta menyehatkan, setidaknya juga sebagai minuman penghangat yang dapat mendongkrat ketahanan badan sekaligus mengusir masuk angin. 

”Sebenarnya lebih baik bila ada riset yang menjelaskan manfaat air kelapa bakar. Saya terus meyakini hangatnya air kelapa ditambah rempah dapat meredakan keluhan masuk angin serta yang lain, ” tutur Iva, yang jadikan air kelapa bakar juga sebagai pilihan alami tolak angin. 

Walau banyak yang yakin serta sudah rasakan segera manfaat kelapa bakar, kelihatannya Anda mesti terus mengontrol diri. Hal ini juga diingatkan Agustaf, yang memiliki kedai kelapa bakar di bilangan Cinere. 

Agustaf bahkan juga mewanti-wanti agar customer cermat serta tahu keadaan badannya sendiri. Mereka yang mempunyai kisah cholesterol, hipertensi, ataupun gula tinggi, umpamanya, sebaiknya tidak pesan kelapa bakar dengan penambahan susu ataupun madu. Pasalnya, penambahan itu dapat meningkatkan kadar gula darah, hingga jadi menyebabkan tidak baik untuk kesehatan. 

”Tetapi, menambahkan jahe atau kayu manis kelihatannya tidak masalah supaya badan merasa hangat serta fresh, ” tuturnya. 

Agustaf pasti memahami masalah rusaknya protein serta vitamin disebabkan sistem pembakaran. Tetapi, dibalik kekurangan itu, ia terus yakin air kelapa bakar mempunyai kelebihan, umpamanya menyebabkan aliran darah agar lebih lancar. Penasaran? Silakan coba hangatnya air kelapa bakar. 

Editor : hkar 
Sumber : Tribunews
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar