Demam Berdarah Masih Jadi Masalah Kesehatan di Asia


JAKARTA (Pos Kota) – Demam Berdarah Dengue (DBD) masih tetap adalah permasalahan kesehatan utama di Asia. Tidak cuma di Indonesia, di negara-negara maju seperti Jepang serta Singapura, kasus-kasus DBD masih tetap mengambil alih perhatian otoritas kesehatan di semasing negara. 


“Demam berdarah jadi tema menarik dalam kajian pertemuan antarnegara di Manila yang saat ini tengah berjalan, ” papar Kepala Tubuh Riset serta Pengembangan Kesehatan Kemenkes Prof Tjandra Yoga Aditama dalam siaran persnya, tempo hari. 


Menurut dia, demam berdarah di Jepang tak disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti seperti di Indonesia. Namun di Jepang, nyamuk vektornya yaitu Aedes albopictus, atau di kenal juga sebagai ‘Tiger Mosquito’‎. 



Di Singapura, empat type virus Dengue terus diketemukan bersirkulasi, hingga di Singapura juga hingga saat ini masih tetap jadi permasalahan kesehatan utama serta bahkan juga ada yang menyebutkan DBD di Singapura juga sebagai ‘hyperendemic’. 


Data tunjukkan bahwa DBD dengan cara global bertambah kasusnya sampai 30 kali dalam 50 th. paling akhir ini. Jumlah masalah DBD dunia diprediksikan 390 juta tiap-tiap tahunnya yang diketemukan pada kian lebih 100 negara. 



Tiap-tiap th. seputar 1/2 juta orang di dunia‎ alami DBD berat, di mana beberapa salah satunya kerapkali diikuti dengan syok serta perdarahan. Serta seputar 40% masyarakat dunia ada pada resiko untuk memperoleh sakit DBD‎. “Di negara Asia angka ini pasti lebih tinggi lagi, ” sambungnya. 


Untuk menghindar DBD, ‎kata Tjandra, dapat dikerjakan dengan cara-cara, diantaranya ingindalian vektor nyamuk, terutama dengan program 3 M plus. Ini tetap masih jadi langkah penanggulangan paling utama, serta dikerjakan beragam penelitian di bagian ini. Lantas lewat vaksin yang saat ini di kembangkan walau baru tunjukkan perlindungan seputar 60%. 



 (inung/rf)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar