Pura Ulun Danu, Danau Beratan (Bratan) Bedugul Bali

Bedugul, Objek Wisata, Pura, Pura Ulun Danu, Danau Beratan (Bratan) Bedugul Bali 


Pura Ulun Danu Beratan yaitu suatu tempat suci umat Hindu yang terdapat di ujung danau Beratan, yang ada di lokasi wisata Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Dengan jarak tempuh kurang lebih 56 km dari kota Denpasar dengan melalui jalan raya Denpasar - Singaraja, pura Ulun Danu Bratan yaitu suatu pura suci Hindu yang sangatlah populer di pulau Bali serta saat air danau Bratan ini naik/gunakan jadi pura Ulun Danu bakal tampak seperti mengambang di atas air. 

Histori Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali 

Histori pura Ulun Danu Bratan ini bisa di ketahui berdasar pada data arkeologi serta data histori yang ada pada lontar babad Mengwi. Berdasar pada data arkeologi yang ada serta berlokasi pada halaman depan pura Ulun Danu Bedugul ini yaitu ada peninggalan benda-benda bersejarah seperti suatu Sarkofagus batu serta papan batu yang diprediksikan sudah ada mulai sejak zaman megalitik, seputar 500 th. saat sebelum Masehi. Ke-2 artefak itu hingga saat ini ditempatkan di halaman teras (babaturan) pura Ulun Danu. Bisa diprediksikan tempat di Pura Ulun Danu Beratan ini sudah dipakai juga sebagai tempat untuk mengadakan ritual mulai sejak masa kebiasaan megalitik di pulau dewata. 

Pura Ulun Danu Beratan/Bratan Bedugul, Bali 

Berdasar pada dari Babad Mengwi, I Gusti Agung Putu juga sebagai pendiri dari kerajaan Mengwi sudah memdirikan pura yang ada di ujung danau Beratan saat sebelum beliau membangun pura Taman Ayun, tak diterangkan dalam lontar babad Mengwi kapan pas nya beliau membangun Pura Ulun Danu Beratan, namun diterangkan perihal pendirian pura Taman Ayun serta upacaranya pada hari Anggara Kliwon Medangsia, th. Çaka 1556 (th. 1634 sesudah Masehi). Berdasar pada dari gambaran dari babad Mengwi itu di ketahui pura Ulun Danu Bratan didirikan saat sebelum th. Saka 1556 oleh I Gusti Agung Putu. Mulai sejak pendirian pura itu, kerajaan Mengwi jadi tenteram serta sejahtera serta orang-orang juga menjuluki beliau " I Gusti Agung Sakti " 

Komplek pura Ulun Danu Beratan terbagi dalam 4 pura, salah satunya yaitu : 

Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, serta Pura Dalam Purwa yang dipakai untuk memuja Tuhan berbentuk Tri Murti (Brahma, Wisnu, Siwa) untuk memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia serta untuk keseimbangan alam semesta. 

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul sangatlah populer dengan keindahannya yang jadikan tempat ini juga sebagai obyek wisata favorite di pulau Bali. Tak jauh dari tempat pura ada banyak akomodasi seperti hotel, villa, restoran untuk kenyamanan wisatawan, juga ada halaman parkir yang luas serta beberapa toko suvenir untuk penuhi keperluan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata pura Ulun Danu Beratan Bedugul ini. Tak jauh dari tempat wisata pura Ulun Danu juga ada obyek wisata menarik seperti Kebun Raya Bedugul serta pasar buah-buahan serta sayur-sayuran tradisional Bedugul.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar