Ilmuwan Kembali Buktikan Ponsel Sebagai Pemicu Kanker




London - Pro-kontra bahaya hp kelihatannya masih tetap berlanjut. Belum lama ini, paduan beberapa peneliti mengklaim, radiasi telephone nirkabel bisa mengakibatkan sakit kepala, leher, kelelahan, iritasi kulit, tingkatkan resiko kanker sampai Alzheimer serta Parkinson. 

Seperti di beritakan Dailymail, Sabtu (1/8/2015), radiasi bisa mengakibatkan stres oksidatif yang terkait dengan penyakit degeneratif. 

Dr Igor Yakymenko, dari National Academy of Sciences Ukraina menyampaikan, alasannya didasarkan pada reaksi kimia yang bertindak dalam mengontrol suhu badan. 

 " Stres oksidatif berlangsung saat ada produksi radikal bebas meleibih ambang batas normal. Hal semacam ini mengakibatkan molekul tak stabil serta rusaknya komponen utama dari sel, seperti membran sel, protein utama atau bahkan juga DNA, " tuturnya. 

Yakymenko menjelaskan, pemakaian hp sepanjang 20 menit satu hari sepanjang lima th. bisa tingkatkan tiga kali lipat resiko salah satu type tumor otak. Serta memakai telephone satu jam satu hari sepanjang empat th. tingkatkan 3-5 kali lipatrisiko sebagian tumor. 

Riset yang diterbitkan journal Electromagnetic Biology and Medicine ini yaitu hasil kerjasama pada ilmuwan di Indiana University, University of Eastern Finland serta University of Campinas di Brazil. 

Sepanjang 15 th. mereka menginvestigasi paparan radiasi hp serta disikapi negatif oleh beberapa kelompok. Beberapa ilmuwan menyampaikan ada piranti mungkin saja mengakibatkan kanker pada manusia namun tak ada bukti yang cukup atau pada rangkuman yang pasti. 

Disamping itu, menurut Cancer Research UK, bukti ilmiah sekarang ini tunjukkan, paparan radiasi hp tak tingkatkan resiko tumor otak, atau type kanker yang lain.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar