Inilah Pendapat Dokter Tentang Bahaya Membunuh Kecoak


Belakangan ini ramai serta meresahkan masalah bahaya membunuh kecoak. Gosip ini nampak bermula dari account Facebook sesorang bernama Fadlan Akbar serta lalu menebar melalui BBM, twitter serta Facebook sampai di forum-forum on-line. 

Intinya dalam tulisan itu dipesankan supaya janganlah membunuh kecoak dengan memukul segera dengan tangan atau memijak dengan kaki. Lantaran di dalam perut kecoa ada cacing halus/lembut yg terus hidup walau di luar dari badan kecoak. Apabila cacing ini telah ada diluar dari badan kecoak (perut) dia bakal bergerak untuk mencari tempat/indukan baru. 

Cacing di balik kulit kaki 
Cacing dikelopak mata 

Diterangkan juga bahwa sangatlah beresiko jika cacing ini hingga menyentuh kulit badan kita (terlebih kaki) lantaran bisa masuk lewat pori-pori kulit atau apabila ada luka terbuka pada kulit luar. 

Lantas apa pendapat dokter tentang kebenaran gosip ini. Supaya tak penasaran lagi mari kita saksikan. 

Yaitu dr. Dyah Novita Anggraini anggota redaksi medis di website klikdokter yang menyikapi pertanyaan seseorang pembaca tentang gosip ini. Mungkin saja dapat jadi bahan pertimbangan buat seluruhnya pembaca. 

Tersebut pertanyaan yang di tanyakan oleh seorang yg tidak mengatakan nama serta aslinya : 

“Selamat siang dok Beberapa waktu terakhir beredar berita di internet bahwa janganlah sekali-kali membunuh kecoak dengan cara segera dengan tangan atau kaki lantaran cacing-cacing parasit didalam badan kecoak itu mungkin masuk ke pori-pori kulit manusia serta berkembang biak didalam badan manusia seperti yang ada di link di bawah ini : http :// infonya. com/2014/06/26/bahaya-membunuh-kecoa/serta dokter dapat juga mencari di GOOGLE dengan keyword “bahaya bunuh kecoa cacing” Yang mau saya tanyakan benarkah bahwa cacing parasit serangga dapat masuk dengan cara segera ke kulit manusia bila kontak segera seperti cacing tanah yang dapat masuk ke kaki anak yg tidak gunakan sandal? Juga penjelasan dokter tentang berita di link itu apa benar sekian? Serta mohon penjelasan dokter selanjutnya berkenaan cacing parasit pada serangga terutama kecoa serta bagaimana caranya cacing parasit itu dapat masuk ke badan manusia? Jjur saya ngeri tahu itu Demikian” 

Lantas beginilah respon dr. Dyah Novita Anggraini : 

“Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami tahu kecemasan yang Anda rasakan. Tetapi tak perlu terlampau Anda cemaskan.kuatirkan, Infeksi cacing semakin banyak dikerjakan melalui makanan serta tangan yang tidak dijaga kebersihannya, bukanlah melalui kecoa dengan cara segera. Hal itu berlangsung seandainya memanglah kecoa habis melalui septic tank. Mengenai type cacing pencernaan yaitu cacing kremi, cacing perut, cacing tambang dsb. Tengah cacing yang tuturnya dapat masuk ke kulit manusia memanglah ada, tanda-tanda itu diberi nama Creeping eruption, yakni kelainan kulit yang disebut peradangan berupa linear atau berkelok-kelok, menimbul serta progresif, dikarenakan oleh invasi larva cacing tambang yang datang dari anjing serta kucing. 

Aspek kemungkinan paling utama untuk penyakit ini yaitu kontak dengan tanah lembab atau berpasir, yang sudah terkontaminasi dengan feces anjing atau kucing. Masuknya telur ke kulit umumnya dibarengi dengan rasa gatal serta panas. Awal mula bakal terbentuk papul, lalu diikuti bentuk yang khas, yaitu lesi berupa linear atau berkelok-kelok, menimbul dengan diameter 2-3 mm, serta berwarna kemerahan. Setelah itu papul merah ini bakal menyebar seperti benang berkelok-kelok, menimbul serta membuat terowongan, meraih panjang sebagian sentimeter. Rasa gatal umumnya lebih hebat saat malam hari. Infeksi umumnya menyerang kaki, tangan, anus, pantat serta paha. Anak yang main di tanah tak menggunakan sendal dapat jadi salah satu aspek kemungkinan. 

Tentang ada cacing didalam perut kecoa masih tetap di teliti kebenarannya hingga sekarang ini. Yang terutama untuk menghindarnya yaitu senantiasa melindungi kebersihan tangan saat sebelum makan serta melindungi makanan yang bakal kita mengkonsumsi juga bersih. 

Sekian info yang bisa kami berikan. Mudah-mudahan berguna. (DNA) ” 

Salam, dr. Dyah Novita Anggraini 

Tim Redaksi Klikdokter 

Diterangkan dokter di atas bahwa kebenaran tentang cacing didalam perut kecoak masih tetap di teliti kebenarannya. Kemungkinan cacing dari kecoak geser ke badan manusia terus ada bila kecoak itu habis melalui septic tank. 

Intinya pesan dokter, jagalah kebersihan badan terutama tangan saat sebelum makan suatu hal serta cermati kebersihan makanan yang dikonsumsi. sam
( Like & Share yuk ).
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. tolong tanya in ke dokter itu dong hari aku bersehin rumah beberapa hari dan minggu sebelumnya aku semprotin hit terus ke bagian sarang coak , hari ini aku bersihin , karena aku fobia banget sama coak , aku sebelumnya semprotin tangan ku pakai baygon dulu 2 kali , setelah lebih dari 30 menit tangan kanan ku kayak dingin kalau diam , kalau digerakin kayak ada yang nyentuh tapi kecil kecil , kalau itu cacing gimana nih ?????????????

    BalasHapus