1001 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan


MANIS dan lembut, tersebut kenapa buah pepaya dijuluki buah dari malaikat oleh penemu benua Amerika, Christopher Columbus. Buah yang tumbuh selama tahun dengan daging buah berwarna jingga ini populer banyak dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. 

Selain lezat, pepaya juga kaya enzim, vitamin, ataupun mineral. Nutrisi didalam buah bernama latin Carica Papaya ini diantaranya antioksidan seperti beta karoten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat serta pantotenat. Pepaya juga memiliki kandungan banyak mineral, kalium, magnesium, serta serat. Nutrisi-nutrisi ini bikin pepaya sangat berguna untuk kesehatan. 
Konsentrasi tinggi karotenoid (provitamin A), vitamin C, serta E pada pepaya, umpamanya, bertindak juga sebagai antioksidan pada badan. Senyawa ini dapat singkirkan radikal bebas penyebab kanker. Antioksidan berguna juga menghindar oksidasi cholesterol yang sering menempel pada dinding arteri, hingga mengakibatkan hipertensi. 

Sesaat nutrisi dalam pepaya juga dapat dibuktikan bisa tingkatkan kesehatan jantung (kardiovaskular) sampai menghindar kanker. Buah ini dapat rendah gula, hingga baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes. 

Diluar itu, kandungan enzim papain pada buah pepaya juga bermanfaat mempercepat sistem pencernaan protein. Enzim ini dapat memecah protein jadi arginin, serta menguraikan makanan jadi beragam jenis protein atau asam amino, hingga mempermudah penyerapannya oleh badan. 
Terkecuali tersebut di atas, ada banyak lagi manfaat lain dari buah tropis ini, diantaranya : 

a. Tingkatkan system kekebalan badan, 
b. Menolong system pencernaan serta mensupport produksi enzim pencernaan, 
c. Merevitalisasi badan serta menolong menjaga daya serta vitalitas, 
d. Mendorong pengembangan jaringan otot, 
e. Mempercepat pengobatan luka pada kulit serta meredakan peradangan, 
f. Menghindar pembentukan penyakit katarak pada mata, serta 
g. Turunkan kemungkinan emfisema pada perokok aktif serta perokok pasif. 

Manfaat pepaya bukan sekedar dapat kita peroleh lewat buahnya saja, tetapi hampir dari semua sisi tanaman ini. Biji pepaya, umpamanya, dikira lebih menyehatkan di banding buah pepaya sendiri. Konsentrasi bio nutrisi biji pepaya bahkan juga lebih tinggi di banding buahnya. 
Sesaat dari daunnya, kita bisa mengambil beberapa faedahnya untuk kesehatan, diantaranya : 

1. juga sebagai obat jerawat 
Masker dari daun pepaya bisa dipakai untuk menagtasi keluhan seperi jerawat di wajah, sampai untuk melindungi kecantikan serta kesehatan kulit. Caranya, siapkan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur serta lumatkan dengan 1/2 sendok air sampai halus. Masker lalu bisa ditempelkan di bagian muka yang berjerawat. 

2. menaikkan nafsu makan 
Dibalik terasa yang pahit, daun pepaya mempunyai manfaat untuk melakukan perbaikan nafsu makan pada anak. Caranya, jus daun pepaya yang masih tetap fresh seukuran telapak tangan, dengan air hangat serta sedikit garam. Lalu kombinasi tadi diperas serta disaring airnya untuk diminumkan. Pasti nafsu makan anak Anda akan segera normal. 

3. membuat lancar pencernaan 
Daun pepaya juga baik untuk usus serta menghindar masalah pencernaan, yaitu karena manfaat antibiotik senyawa karpain dalam pepaya. Caranya, daun pepaya bisa di proses jadi masakan sesuai sama selera serta lalu dikonsumsi. 
Semoga bermanfaat
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar