7 Khasiat Hebat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan


Sekilas, tanaman sambung nyawa seperti tanaman hias umum, warna daunnya hijau, tetapi jika telah tua daunnya dapat beralih jadi keunguan, begitu pula dengan batangnya. Di balik " kesederhanaan " daun itu, ternyata daun sambung nyawa mempunyai manfaat yang banyak pada kesehatan badan. Tanaman sambung nyawa sejatinya bisa hidup bebas di alam, tetapi tanaman ini juga dapat dikembangbiakkan dengan stek batang. Cara perkembangbiakan yang mudah serta murah untuk tanaman yang mempunyai nama lain Gynura procumbens itu. 

Manfaat Daun Sambung Nyawa 
Sudah banyak riset yang menyebutkan bahwa tanaman sambung nyawa memiliki kandungan senyawa metabolit, diantaranya : Flavonoid, Saponin, Steroid, Triterpenoid, Asam Fenolat serta Minyak Atsiri. Kandungan-kandungan tersebutlah yang bikin sambung nyawa bisa dipakai untuk sebagian therapy tersebut : 

Bisa turunkan tekanan darah untuk pasien darah tinggi 
Bisa menurunkan kadar gula darah untuk pasien diabetes melitus 
Mengandung Antiinflamasi (Anti radang) 

Mengandung Antibiotik terlebih kuman Staphilococcus aureus yang bisa mengakibatkan infeksi pada kulit (impetigo serta furunkel) yang cukup serius. 
Hepatoprotektor (Pelindung hati). Suatu riset menyebutkan bahwa, Sambung nyawa bisa menurunkan kandungan SGPT mencit putih jantan galur Swiss yang sudah diinduksi paracetamol 
Pelindung mukosa lambung serta Antioksidan dengan kandungan flavonoid (7, 3, 4 trihidroksi flavon) nya 
Menghalangi perkembangan tumor (Sel vero serta mieloma) terumata pada ekstrak etanolnya. 

Tetapi butuh diingat, untuk Anda yang mau mengembangbiakkan tanaman itu, sambung nyawa membutuhkan kadar air yang cukup hanya naungan matahari kurang lebih 55% saja. Bila terlalu banyak ataupun sedikit bisa turunkan kwalitas sambung nyawa sendiri. Tanaman sambung nyawa bisa dipanen pada umur 1 bulan, tetapi resiko antibakterinya kurang, bila dibanding dipanen pada umur 4 bulan serta 7 bln.. (Panen ketika 4 Bulan atau 7 Bln. efeknya hampir sama). 

Cara Menyajikan Daun Sambung Nyawa 
Cara menyajikanya juga sangatlah mudah, bisa segera dikonsumsi, ataupun juga sebagai lalapn, dapatlah ditumis atau digabung dalam soup, dapat pula dibuah minuman baik diseduh atau dijus. Bisa sesuai dengan selera Anda.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar