Apa Jantung Anda Sudah Tidak Sehat? Cek di Sini


Masa saat ini, disadari begitu banyak aspek yang dapat memicu jantung punya masalah, penyakit jantung. Tetapi, tahukah Anda sinyal tanda jantung yg tidak sehat? 
Seperti dilaporkan dokter Citra Roseno di portal konsultasi kesehatan, klikdokter. com, di bawah ini, beberapa gejala yang tunjukkan jantung tidak sehat. 
  
1. Lelah Berat 
Rasa capek terus-menerus bisa menandakan masalah pada jantung. Keluhan ini lebih sering dirasa oleh wanita. 
Rasa lelah yang disebut merasa sangat berat, tidak sama dengan rasa lelah setelah beraktivitas sehari-hari. Keluhan ini bisa berjalan beberapa hari saat sebelum terjadi serangan jantung. 
  
2. Keringat yang berlebihan 
Masalah jantung juga butuh dicurigai jika waktu beristirahat, tengah duduk santai, cuaca tidak tengah panas, atau tidak beraktivitas berat, Anda malah berkeringat terlalu berlebih seperti setelah olahraga. 
  
3. Mual serta tidak nafsu makan 
Pada masalah tidak berhasil jantung, ada penumpukan cairan didalam rongga perut hingga perut merasa penuh serta nafsu makan turut alami penurunan. 
Diluar itu saat terjadi serangan jantung, sebagian orang juga mengeluhkan rasa mual, nyeri pada ulu hati, sampai muntah. 
  
4. Pusing 
Keluhan sering pusing sampai pingsan bisa berkenaan dengan aritmia (masalah irama jantung). 
  
5. Bengkak pada anggota badan 
Munculnya bengkak berkenaan dengan retensi (tertahannya) cairan didalam badan, sering kali berlangsung pada tidak berhasil jantung. Awalnya berlangsung pada ruang yang paling jauh dari jantung seperti kaki atau tangan. 
Bengkak ini dimaksud dengan edema. Pasien dapat alami kesusahan menggunakan sepatu, atau saat buka sepatu dapat terlihat indentasi pada ruang bengkak 

6. Mengorok 
Mengorok bisa terkait dengan sleep apnea (berhentinya napas waktu tidur). Sleep apnea tingkatkan resiko serangan jantung 3 kali lipat kurun waktu 5 tahun ke depan. 
Sleep apnea bisa menyebabkan kerusakan jantung segi kanan, karena paru-paru bekerja ekstra keras untuk memperlancar jalan napas disebabkan sumbatan jalan napas yang terjadi pada sleep apnea. 
  
7. Penyakit gigi serta gusi 
Ada kaitan pada kesehatan gigi serta gusi dengan kesehatan jantung. 
Jika seorang alami penyakit periodontal, bakteri bisa menebar melalui pembuluh darah menuju organ lain seperti jantung. 
Di segi lain, masalah suplai darah menuju gusi bisa menyebabkan terjadinya penyakit periodontal. 
  
8. Batuk 
Type batuk yang disebut di sini yaitu batuk yang dibarengi kesulitan bernapas, disebabkan ada cairan didalam paru-paru. 
Cairan ini berkenaan dengan ketidakmampuan jantung memompa darah dengan cara normal, makanya darah bakal berakumulasi di paru. 
  
9. Masalah manfaat seksual 
Kelainan seperti disfungsi ereksi bisa jadi salah satu manifestasi masalah jantung serta pembuluh darah, dimana penyempitan serta plak pada pembuluh darah bisa kurangi konsumsi oksigen untuk organ badan termasuk juga organ genitalia. 
  
10. Kecemasan 
Seorang yang tengah alami serangan jantung condong alami kekhawatiran atau perasaan takut mati. Demikian sebaliknya, rasa kuatir yang berlebihan bisa menyebabkan stres emosional yang juga adalah aspek resiko serangan jantung. 
Tak ada satu tes tunggal yang bisa mendiagnosis penyakit jantung. 
Terkecuali dari ada-tidaknya keluhan diatas, indikator kesehatan jantung Anda juga didasarkan pada wawancara medis kisah kesehatan Anda serta keluarga, ada aspek resiko penyakit jantung, kontrol fisik, serta kontrol penunjang seperti lab serta radiologi berkenaan. 
Sebagian kontrol yang kerap dikerjakan untuk tahu manfaat jantung diantaranya : 
  
Tes ini tunjukkan kecepatan detak jantung, irama jantung, dan kesibukan listrik jantung. EKG bisa tunjukkan sinyal ada rusaknya pada jantung, ada serangan jantung yang tengah berjalan atau yang telah berlalu. 
  
X-ray dada 
Radiologi x-ray dada melukiskan susunan organ didalam dada seperti jantung, paru-paru, serta pembuluh darah. 
  
Tes darah 
Misal tes darah yang dibutuhkan untuk tahu manfaat jantung diantaranya kandungan cholesterol, gula darah, serta protein spesial otot jantung. 
Sebagian tes lain yang mungkin saja dibutuhkan pada lainechocardiography, stress-test, coronary angiography, dsb, tergantung pada keadaan jantung Anda. 
Pada prinsipnya, keluhan timbul jika telah berlangsung rusaknya pada organ yang berkenaan. 
  
Karenanya kerjakan pencegahan saat sebelum sakit dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat, hindari aspek resiko penyakit jantung, serta lakukan kontrol kesehatan teratur supaya kesehatan jantung Anda terus terbangun. 
  
Organ Lain Turut Terganggu 
Jantung serta pembuluh darah (system kardiovaskular) adalah system yang kompleks. 
Bila diumpamakan, jantung bertindak seperti reservoir serta pompa paling utama air, serta pembuluh darah bertindak seperti pipa-pipa air yang menyalurkan air bersih ke berbagai ruang yang memerlukan. 
Jika ada permasalahan dengan jantung, jadi suplai darah ke beragam organ badan juga turut terganggu, hingga bisa menyebabkan tanda-tanda baik pada jantung ataupun di bagian badan yang terima aliran darahnya. (dr Citra Roseno/klidokter. com)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar