Buah Cermai, Rasanya Asam Tapi Bisa Putihkan Kulit dan Bikin Langsing


Pernah mengonsumsi buah Cermai? Buah yang berbentuk sama bunga padat berwarna kuning keputihan ini terasa asam serta kecut. Bila tidak terbiasa serta tidak tahu khasiatnya, Anda pasti akan menyampaikan " Ih kecut. " Selanjutnya membuangnya. 

Buah yang masam ini di kenal juga dengan beberapa nama lain seperti ceremoi (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan sebagainya. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry serta sebagian sebutan yang lain. Nama ilmiahnya yaitu Phyllanthus acidus. 

Dalam ensiklopedia bebas Wikipedia dijelaskan, pohon Cermai ini berbentuk kecil dengan ketinggian hingga 9 meter, bercabang rendah serta renggang. Sekilas, pohon cermai bukanlah tidak mirip dengan pohon belimbing wuluh. 
Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, panjang 2-7 cm, tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip. 

Bunga-bunganya berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4, tersusun dalam malai sampai 12 cm. Buah batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan serupa lilin, berdiameter hingga 2, 5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah keputihan, masam serta banyak berair, di tengahnya ada inti yang keras dengan 4-6 butir biji. 

Kandungan Buah Cermai 
Dipandang dari kandungannya, buah Cermai mengandung Vitamin C yang tinggi, kalori, mineral, karbohidrat, serat kasar, kalisum, fosfor, zat besi, thiamin, serta ribloflavin dibagian dagingnya. 

Sedang dibagian daunnya mengandung Saponin, Flavanoid, Tanin, serta Polifenol. Lalu dibagian akarnya mengandung Saponin, Asam Galus, Zat Samak, serta Toksik. 

Pohon cerme sering ditanam juga sebagai peneduh atau penghias halaman serta taman. Pohon ini bisa tumbuh di daerah tropis serta subtropis, suka pada tempat yang lembap hingga ketinggian seputar 1. 000 m dpl. Cerme bisa dibiakkan lewat biji atau stek. 

Manfaat untuk Kesehatan 
Biasanya buah Cermai jadikan manisan. Namun diluar itu, buah yang asam ini pasti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam laman manfaat. com, setidaknya ada delapan manfaat buah ini untuk kesehatan. 

Menyembuhkan Sembelit 
Manfaat buah cermai untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk menyembuhkan sembelit. Karena memiliki kandungan banyak Vitamin C, buah Cermai mempunyai manfaat untuk melancarkan pencernaan serta menangani sembelit. Sama dengan buah bervitamin C yang lain, buah ini pas dikonsumsi untuk bersihkan usus. 

Menangani Asma 
Untuk pasien penyakit asma, berita baik buat anda. Karena buah Cermai nyatanya bisa menyembuhkan penyakit asma. Caranya dengan merebuh potongan enam biji buah Cermai dengan sebagian gelas air. Tambahkanlah bawang merah, akar kara, lengkeng, serta sedikit gula sesuai sama selera. Minumlah hingga nafas merasa kembali sembuh. 

Meringankan Kanker 
Yang paling mengagumkan, buah Cermai juga mempunyai manfaat untuk kesehatan kita terutama untuk pasien Kanker. Pengobatan pada penyakit Kanker memanglah mengonsumsi cost yang tidak sediki. Namun coba mengkonsumsi buah Cermai untuk memperoleh hasil yang cukup baik. Rebus buah Cermai dengan kombinasi daun Belimbing, Bidara Upas, Gadung Cing, serta gula. Lalu minumlah. 

Menyehatkan Kulit 
Vitamin C yang terdapat pada buah Cermai berikan manfaat untuk kulit kita. Kulit bakal cerah, bersih, serta lembut. Vitamin C bertindak utama untuk masalah kesehatan kulit. Oleh karena itu coba mengkonsumsi buah ini berbentuk apa pun karena Vitamin Cnya tinggi. Apa lagi untuk yang punya masalah dengan jerawat serta kulit kusam. 

Juga sebagai Pelangsing 
Karena memperlancar pencernaan, buah Cermai jadi buah yang bisa menolong melangsingkan tubuh. Tahukah anda bila makanan asam bisa bikin perut jadi singset? Nah, buah Cermai yang mempunyai rasa asam dapat juga membuat perut jadi lebih singset apabila dikonsumsi teratur. Ini karena di dukung pencernaan yang tertaur serta nafsu makan sedikit menyusut karena rasa asam di lidah. 

Menambah Kekebalan Badan 
Buah Cermai mengandung nutrisi yang bisa menaikkan kekebalan badan kita. Nutrisinya cukup sebagai penambah nutrisi teratur. Hal semacam ini juga karena ada Flavanoid yang jadikan antioksidan. Namun janganlah juga berlebihan mengkonsumsinya. 

Menyehatkan Tulang 
Manfaat yang lain yaitu buah Cermai bisa menyehatkan tulang. Kalsium serta zat besi yang terdapat pada buah ini bisa menolong menyehatkan tulang agar selalu kuat serta tidak keropos. Tulang akan lebih kuat. 

Baik Untuk Pertubuhan 
Buah Cermai jadi buah yang baik dikonsumsi serta tidak menganggu pertumbuhan. Malah buah ini jadi buah yang baik untuk menolong pertumbuhan karena kandungan nutrisinya yang banyak. (dia)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Makasih ya atas share tentang buah cermai sangat bermanfaat sekali gan

    BalasHapus