Hebat, Cangkang Telur Bebek Bisa untuk Obat Sakit Gigi


JAKARTA, Cangkang telur bebek seringkali cuma jadi limbah yang tidak bermanfaat serta tidak dapat digunakan lagi. Jikalau digunakan paling cuma hanya untuk membuat bahan kerajinan. Namun di tangan beberapa mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM, saat ini limbah itu dapat dimanfaatkan. 

Mereka memakainya jadi obat untuk sakit gigi. " “Dalam cangkang telur bebek ini ada membran yang mengandung zat aktif yang dapat menghimpit peradangan, ” kata Bina Rizka Maulida, mahasiswa FKG UGM Jumat (26/6). 

Karenanya dia juga berbarengan ke empat rekannya dari FKG UGM yakni Risa Widya Iswara, Novaria, Rika Ayu Putri Virawati, serta Veri Anggara Saputri dari Fakultas Kedokteran Gigi berusaha memproses membran cangkang telur ini jadi ekstrak untuk digunakan sebagai obat antiradang. Obat yang mereka kembangkan itu dipakai untuk anti radang pada sakit gigi dinamai dengan “ExEllen” (Extract of Eggshell Membrane). 

Rizka menjelaskan dalam membran cangkang telur bebek mengandung beberapa zat aktif seperti kondroitin sulfat, glukosamin, serta asam hyaluronat. Zat aktif itu memiliki dampak antiradang, hingga membran cangkang telur bebek punya potensi untuk menangani peradangan pada gigi atau reversible pulpitis. 

Prevalensi reversible pulpitis cukup tinggi di Indonesia. Data Profil Kesehatan Indonesia Th. 2010 tunjukkan penyakit pulpa menempati urutan ketujuh dari sepuluh penyakit terbanyak pada pasien rawat jalan dirumah sakit di Indonesia dengan jumlah kunjungan sejumlah 163. 211 pasien. “Karenanya kami tergerak untuk temukan bahan alami sebagai obat untuk peradangan gigi tanpa ada menimbulkan efek samping yang beresiko, ”jelasnya. 

Ditambahkan Rika Ayu untuk pembuatan obat dikerjakan dengan memisahkan membran dari cangkang telur. Lalu membran yang didapat di buat jadi ekstrak memakai cara maerasi dengan pelarut etanol 70 %. Sistem ini sendiri membutuhkan saat 4 minggu. “Dari 3 kg didapat 290 gr membran cangkang telur yang menghasilkan 2, 9 ml ekstrak membran cangkang telur, ”tuturnya. 

Untuk pemakaian bahan atau ekstrak ini cukup gampang. Seperti pada penggunaan obat anti radang gigi biasanya seperti kalsium hidroksida yakni dikerjakan dengan mengaplikasikannya pada kavitas gigi lalu ditutup dengan bahan tumpatan. 

Karena terbuat berbahan alami, obat yang dikembangkan lima mahasiswa ini minim menyebabkan dampak samping beresiko. Diluar itu, dengan memakai limbah cangkang telur bebek juga menolong dalam usaha kurangi polusi pada lingkungan.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar