Ini Cara Obati Bisul dan Gigitan Serangga- Dijamin Sembuh


JAKARTA, – Pernahkah Anda mendengar manfaat tanaman kimpul? Ia populer juga sebagai tanaman obat yang ampuh menyembuhkan bisul serta penawar racun serangga,
Ya, tanaman yang juga dimaksud keladi hitam (Jawa) ini selain dipercaya mempunyai manfaat jitu menyembuhkan penyakit, juga sering dipakai juga sebagai sayuran, dengan catatan daun-daunnya dimasak setelah tulang daun terbesarnya dibuang. 

Didalam penyembuhan tradisonal Malaysia, daun-daun besar dari tanaman bernama latin Xanthosoma sagittifolium (L) Schott ini dipakai juga sebagai selimut untuk pasien yang demam karena punya efek mendinginkan serta memberi kenyamanan yang temporer, lho! Pasien dapat juga berendam dengan air rebusan tanaman itu. 

Dengan cara morfologi, kimpul termasuk juga herba yang mempunyai tinggi meraih 2 meter. Batangnya tegak, tidak berkayu, bulat, membuat umbi, berwarna putih kecokelatan. Daunnya tergolong tunggal, berupa jantung, pangkalnya berlekuk serta ujungnya runcing dengan tepian rata. Panjang daunnya sendiri seputar 25-75 cm, lebar 30-60 cm, serta berwarna hijau. 

Kimpul juga mempunyai bunga berbentuk tongkol, silindris, di ketiak daun, dengan panjang tangkai 20-30 cm, seludang berupa sodet, berwarna putih, benang sari serta putik tersusun dalam bonggol berwarna kuning, serta mempunyai buah buni berwarna hijau. Bijinya membulat panjang, beralur membujur, serta berwarna hijau juga. 

Umumnya, sisi kimpul yang digunakan juga sebagai obat yaitu sisi umbi serta getahnya. Daun serta umbi kimpul memiliki kandungan saponin serta flavonoida. Di samping itu, daunnya juga memiliki kandungan alkaloida serta polifenol. 

Nah, untuk Anda yang mau menyembuhkan bisul dengan tanaman ini, Anda cuma butuh mempersiapkan kimpul sejumlah 25 gram, lalu bersihkan bersih, lalu tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan itu lalu dibalut dengan kain bersih selanjutnya berikan pada bisul. Atau, Anda dapat juga memoleskan getah dari batang untuk menyembuhkan luka disebabkan gigitan serangga beracun. 
Tertarik mencobanya sendiri? Semoga bermanfaat ya!
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar