Inilah Penjelasan Ilmiah Mengapa Manusia Menjadi Tua


Rambut beruban dan keriput yang nampak di seputar muka yaitu sinyal tanda sistem penuaan yg tidak dapat tidak diterima. Sistem penuaan berlangsung lantaran beberapa sel badan yang sampai kini membelah diri mulai berhenti. Sekian penjelasan dari Dr dr Anak Agung Gede Putra Wiraguna, SpKK (K), staf pengajar senior dari Fakultas Kedokteran Kampus Udayana Bali. 

Menurut dr Wiraguna, sel badan sehari-hari lakukan sistem membelah diri. Sepanjang manusia itu hidup, sepanjang itu pulalah sel di badannya senantiasa membelah diri. Sesudah periode waktu spesifik, sel itu rudak serta tak dapat lagi membelah diri secepat pada awal mulanya. Hingga pada masanya sel badan berhenti membelah diri. 
Sistem penuaan yaitu keniscayaan yg tidak dapat dijauhi oleh semua manusia. Namun menurut dr Wiraguna, sistem penuaan dapat diperlambat bergantung aspek-faktor yang memengaruhinya. Ke-2 aspek itu yaitu aspek dari diri manusia tersebut serta aspek dari luar. 

Aspek intrinsik yaitu sistem penuaan alami yg tidak dapat terhindarkan oleh semua manusia, yang di pengaruhi oleh karakter genetik. Sesaat aspek dari luar atau ekstrinsik yaitu bagaimana caranya manusia itu melakukan hidupnya atau lifestyle, pola makan, obat yang dikonsumsinya serta pola hidup sehat yang dijalaninya. 

Sistem penuaan disebabkan aspek intrinsik tak dapat dihindari lantaran ditetapkan oleh system hormonal serta genetik. Sesaat aspek ekstrinsik dapat dihindari dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat, melakukan berolahraga yang cukup, tak merokok, bebas stres, cukup tidur malam dsb. 

Aspek ekstrinsik ini bila tak dihindari jadi bakal mengakibatkan terjadinya peradangan pada sel kritis di badan. Peradangan sel yang dilewatkan tertus menerus mengakibatkan badan jadi rawan pada penyakit. 

Dr. Wiguna memberi anjuran supaya sistem jadi tua itu dipikirkan seperti penyakit. Supaya penyakit itu tak datang, jadi kita mesti melindungi badan supaya penyakit itu tak menyerang kita. lewat Detik
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar