Sejuta khasiat daun sirih merah


Daun sirih sejenis tanaman merambat, bila di kampong-kampung (mungkin di kotajuga masih tetap ada) sering banget dikonsumsi serta dikunyah. Umumnya daun sirih ini dikunyah bersama gambir, pinang serta kapur. Bila di kampong-kampung, saat dahulu nenek saya masih tetap hidup sering banget ngunyah itu. 

Jadi terkadang daun sirih ini sering di buat obat, untuk sakit mata umumnya serta kemampuan gigi. Jadi walalupun telah tua tetapi giginya tetap masih kuat. Daun sirih juga sebagai tanaman asli Indonesia umumnya tumbuh merambat, namun seringkali bersamdar pada batang pohon. 

Manfaat daun sirih telah dipercaya nenek moyang kita untuk kesehatan, serta penelitian beberapa waktu terakhir tunjukkan manfaat yang dipunyainya terlebih daun sirih merah memanglah benar apa yang ada. 

Cirri khas tanaman tropis ini yaitu berbatang bulat hijau keunguan serta tidak berbunga. Permukaan daun sirih merah mengkilap serta tidak rata dan juga sebagai produksi the merah bertangai membuat jantung hati serta sisi atasnya meruncing. 

Sebenarnya daun sirih ini mempunyai banyak sekali manfaat serta manfaat. Terlebih manfaat untuk kesehatan serta kecantikan. Sebagian kandungan yang ada pada minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun sirih yaitu minyak terbang (betiephenol), seskuiterpen, pati, diastase, gula serta zat samak serta kavikol yang mempunyai daya mematikan kuman, aktioksidasi serta fungisida, anti jamur. 

Penelitian pada tanaman sirih merah hingga saat iini masih tetap kurang terlebih dalam pengembangan juga sebagai bahan baku untuk bio-farmaka. Sampai kini pemamfaatan sirih merah di orang-orang cuma berdasarkan pengalaman yang dikerjakan dengan cara turun-temurun dari orangtua pada anak atau saudara terdekat secara lisan. 

Di Jawa, terlebih di Kraton Yogyakarta, tanaman sirih merah ini sudah dikonsumsi mulai sejak dulu untuk mengobati beragam type penyakit. Diluar itu tanaman sirih merah memiliki manfaat mengobati penyakit ambeien, keputihan serta dapat dipakai juga sebagai obat kumur, karena alkaloid didalam sirih merah inilah yang berfungsi sebagai anti mikroba. 

Manfaat daun sirih merah ini dipakai untuk kurangi keputihan serta melindungi organ kewanitaan, karena salah satu manfaat dari daun sirih merah yaitu juga sebagai antiseptic. Yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan untuk mencuci organ kewanitaan. 

Serta manfaat yang lain seperti obat tradisional untuk menangani penyakit seperti kencing manis, kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan, maagh, serta masih banyak lagi. Air rebusannya yang memiliki kandungan antiseptic dipakai untuk melindungi kesehatan rongga mulut serta mengobati penyakit keputihan dan bau tidak sedap. 

Bahkan juga manfaat dari daun sirih merah ini telah benar-benar digunakan oleh orang-orang secara turun-temurun oleh orang-orang Yogyakarta. diluar itu menurut keyakinan orang Jawa, daun sirih merah ini dapat dapat menyembuhkan beragam type penyakit yang lain seperti ambeien, juga sebagai anti mikroba serta sering juga dipakai juga sebagai obat kumur untuk membunuh bakteri-bakteri yang ada didalam mulut kita. 

Untuk konsumsi daun sirih merah ini sangat gampang, dengan merebus daun sirih merah ini serta sisakann airnya hingga satu gelas serta lalu meminumnya dengan cara teratur. Tersebut sebagian manfaat serta manfaat daun sirih merah yang sangatlah menolong mengobati beragam penyakit serta baik untuk kesehatan badan kita. Walau yang diseduh hanya satu lembar daun, tetapi pahitnya pol tenan serta warnanya jadi hitam, karena saya juga telah pernah meminumnya. 

Sirih adalah salah satu type daun yang kaya manfaat serta manfaat untuk kesehatan badan kita. itu karena beberapa zat yang terdapat didalam sirih ini adalah beberapa zat yang memanglah diperlukan oleh tubuh kita untuk hindari beragam penyakit. Mulai sejak dahulu memanglah sirih adalah salah satu tanaman yang memanglah sering digunakan untuk mengobati beragam type penyakit. 

Selain berbentuk antiseptic, sirih merah dapat juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes, dengan meminum air rebusan sirih merah sehari-hari akan menurunkan kandungan gula darah hingga pada tingkat yang normal. 

Manfaat dalam daun sirih merah memanglah belum demikian banyak, mudah-mudahan makin banyak penelitian yang bisa membuka manfaat tersembunyi yang ada pada tanaman ini. Tidakkah tiap-tiap ciptaan Tuhan selalu mempunyai manfaat untuk manusia.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar