20 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Pengobatan Herbal,Seperti Penyakit Ganas Maupun Ringan !! Serta Ketahui Begini Cara Meracik Ramuanya.


Manfaat daun sirih merah juga sebagai ramuan tradisional telah sangatlah popular terlebih untuk mimisan yang sangatlah ampuh. Daun sirih merah sudah di kenal juga sebagai tanaman herbal untuk mengobati beragam penyakit yang banyak berlangsung. Didalam daun sirih merah ada senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, dengan kemampuannya untuk mengobati penyakit ringan sampai berat. Di bawah ini manfaat daun sirih merah yang ada di seputar kita. 

Manfaat Daun Sirih Merah 

1. Obat mimisan 
Kandungan fenil popada serta terpen dalam daun sirih merah akan memabntu darah yang keluar waktu mimisan bisa selekasnya berhenti. Gulung 1 lembar daun sirih, lalu sumbatkan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah. 

2. Obat sariawan 
Sariawan dengan kandungan vitamin C serta zat antiseptiknya dapat melawan kuman pemicu sariawan. Kerjakan perawatan rongga mulut dengan, kunyah 1-2 lembar daun sirih merah sampai hancur didalam mulut. Tunggulah sepanjang 10 menit saat sebelum dibuang, kerjakan setidaknya 2x dalam satu hari. 

3. Obat luka bakar ringan 
Saat seorang alami luka bakar, kandungan zat alkaloid, antioksidan, serta manfaat vitamin C pada sirih merah akan menolong meredakan peradangan pada ruang kulit yang terbakar. Cara pembuatannya cukup mudah : 

Tumbuk 3-5 daun sirih merah 
Campur dengan 2 sendok teh madu 
Berikan di ruang luka 2 kali sehari 
Tetapi untuk pemakaian sirih merah juga sebagai obat luar cuma dapat untuk menyembuhkan luka bakar ringan saja. 

4. Obat mata merah 
Kandungan senyawa alkaloid bertindak juga sebagai anti bakteri serta anti radang, yang dapat meredakan mata merah disebabkan iritasi. Cara pembuatan obatnya juga cukup mudah : 

Siapkan 20 lembar daun sirih merah 
Rebus dengan air sampai mendidih 
Saring air rebusan 
Gunakan juga sebagai kompres mata 
Atau pakai untuk membersihkan mata seputar 10 menit 

5. Obat gusi berdarah 
Juga sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, tanin, mineral kalsium serta fosfor akan meredakan peradangan yang berlangsung waktu gusi alami pendarahan. Langkah pembuatan obatnya : 
Siapkan 10 lembar daun sirih merah 
Rebus dengan air sampai mendidih 
Saring air serta didinginkan 
Gunakan untuk berkumur, untuk hasil yang efisien kerjakan sejumlah 3 kali sehari 

6. Obat penyakit bronkhitis 
Anda bisa merebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air serta tersisa setengahnya untuk diminum. Daun sirih memiliki kandungan tanin yang mempu mengobati penyakit bronkhitis bila diminum teratur 3x satu hari. Manfaat herbal untuk menangani bronkitis ini dapat ada pada : 

kegunaan daun mangga 
kegunaan daun sambiloto 
kegunaan kulit jeruk 

7. Obat sakit maag 
Kandungan terpennoid serta klavikol didalam daun sirih merah, bisa menyembuhkan sakit maag. Langkahnya dengan meminum rebusan dari 7 lembar daun sirih yang dikonsumsi 3 kali satu hari dengan teratur. 

8. Obat gatal disebabkan serangga 
Sirih merah dapat juga meredakan reaksi alergi disebabkan gigitan serangga atau alergi seafood. Cukup siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu pakai untuk mandi 2 kali satu hari. Manfaat ini dapat juga diketemukan pada : 

manfaat daun salam 
manfaat kulit pisang 
manfaat buah duku 

9. Obat radang prostat 
Untuk beberapa pria yang alami permasalaan dengan kelenjar prostat jadi bisa memakai daun sirih merah juga sebagai obat herbal. Kandungan tanin, saponin, serta hidroksicavicol bakal meegenerasi beberapa sel dalam kelenjar prostat, agar bisa menggerakkan fungsinya seperti yang lalu. Rebus 3-7 daun sirih merah yang masih tetap muda serta minum airnya sejumlah 3 kali satu hari. 

10. Obat darah tinggi 
Kandungan minyak atsiri serta fenol akan menstabilkan tekanan darah, untuk seorang yang mempunyai kisah penyakit darah tinggi. Campur rebusan daun sirih merah dengan manfaat madu waktu meminumnya 2 kali satu hari.

11. Obat batuk 
Untuk mengobati penyakit batuk bisa memakai daun sirih merah ini, caranya : 

Siapkan 5 lembar daun sirih merah 
Rebus dengan 300 ml air 
Minum untuk 2 kali dalam sehari 
Kandungan manfaat vitamin B, vitamin C serta alkaloidnya akan meredakan radang penyebab batuk pada tenggorokan. 

12. Obat payudara bengkak 
Daun sirih bisa mengobatai payudara yang bengkak sesudah menyusui. Bakar daun sirih merah sampai layu serta tempelkan pada ruang payudara yang bengkak pada saat daun masih tetap hangat. Senyawa allylprokatecol serta karvakrol akan menolong meregangkan otot payudara yang meradang dikarenakan terlalu banyak keluarkan ASI. 

13. Menyembuhkan tumor 
Senyawa antioksidan, flavonoid, serta terpenoid yang ada pada sirih merah tingkatkan kekebalan badan seorang. Saat system imun bertambah, jadi sel darah putih badan akan dapat mengahancurkan zat karsinogenik atau tumor beresiko dari badan. 

14. Menyembuhkan diabetes 
Anda bisa menyembuhkan penyakit diabetes yang di derita dengan konsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavicol, eugenol, serta pycene bakal menolong kemampuan insulin dalam mengatur kandungan gula darah. 

15. Obat radang paru-paru 
Waktu anda menanggung derita radang paru-paru, daun sirih merah bisa jadi salah satu alternatif untuk menyembuhkannya. Buat rebusan 5-7 daun sirih merah yang telah tua dalam 500 ml air untuk mengobati radang paru-paru. Kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan yang bakal bersihkan ruang paru-paru dari senyawa beresiko yang tidak berniat masuk ke paru-paru. 

16. Obat asam urat 
Daun sirih merah dapat juga dipakai juga sebagai obat penyakit asam urat. Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot serta meluruhkan kristal asam urat yang ada didalam badan. Cara pembuatannya : 

Siapkan 8 lembar daun sirih yang muda sesudah dicuci bersih 
Di rebus dengan 500 ml air 
Rebus sampai tersisa air rebusan sampai 3 gelas 
Minum 75 ml air rebusan, 3 kali satu hari dengan cara teratur 
Bila dirasa pahit bisa memberikan ramuan dengan gula jawa atau 2 sendok makan madu. 

17. Menghindar timbulnya jerawat 
Daun sirih merah dapat juga dipakai untuk menghindar atau menyembuhkan jerawat, dikarenakan kandungan manfaat antioksidan, flavonoid, serta vitaminnya. Kandungan ini bakal memberi nutrisi pada kulit serta ganti beberapa sel kulit muka yang rusak disebabkan terpapar debu serta polusi. Untuk memperoleh manfaat daun sirih merah ini, cukup hanya : 

Rebus 10 lembar daun dalam 200 ml air 
Saring air rebusan serta didinginkan 
Pakai air rebusan untuk bersihkan muka 2 kali satu hari. 

18. Menangani tanda-tanda keputihan 
Terkecuali manfaat sirih hijau, type daun sirih merah dapat juga bertindak juga sebagai antiseptik yang mematikan bakteri Candida pemicu keputihan. Anda bisa merebus 5-10 daun sirih merah ke 250ml air. Setalah mendidih, saring airnya serta pakai untuk membersihkan daerah kewanitaan. 

19. Mengurangi bau tubuh 
Daun sirih merah memiliki kandungan estragol serta kavicol yang mengatur produksi hormon serta kelenjar keringat pada badan. Daun sirih merah bisa menolong kurangi persoalan bau tubuh dengan 2 cara yakni : 

Mengkonsumsi air rebusan daun sirih sejumlah 2 gelas /hari 
Berikan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke daerah ketiak dengan cara teratur 

20. Menyembuhkan bau mulut 
Kandungan senyawa eugenol serta kavibetol dalam daun sirih merah akan menolong anda yang alami permasalahan bau mulut tidak enak. Cukup hanya berkumur rebusan daun sirih merah dengan teratur waktu pagi serta sore. Diluar itu buah-buahan seperti manfaat strawberry dan manfaat buah jeruk. 

Sekianlah penjelasan tentang manfaat daun sirih merah ini, semoga dapat jadi alternatif penyembuhan yang ampuh.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat info nya, mksh.. Klik : www.produkhwiindonesia.com

    BalasHapus