Merugilah Jika Anda Tidak Menyukai Ikan Lele, Oh Ya? Ini Penjelasannya


Ikan lele adalah salah satu sajian lauk pauk yang banyak disukai. Tetapi, Anda mesti tahu manfaat ikan lele dari segi kandungan gizinya dan jumlah yang pas untuk kesehatan badan. 
Salah satu resep ikan lele yang paling banyak di kenal di Indonesia, pecel lele. Dalam penyajiannya, ikan lele digoreng atau dibakar lalu dilengkapi dengan sayur serta sambal. 

Kandungan Gizi 
Ditulis alodokter. com ikan lele atau di kenal juga sebagai catfish adalah type yang banyak diternakkan untuk kebutuhan mengkonsumsi. 
Tidak cuma di Asia, ikan ini dapat dikonsumsi di negara-negara Afrika, Eropa serta Amerika Timur. 

Walau kwalitas serta rasa lele dari beragam negara dapat tidak sama, tetapi ikan ini disebut-sebut mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan badan. 
Setiap 100 gram ikan lele memiliki kandungan daya sebesar 229 kilokalori. Kandungan protein dari lele dengan jumlah itu seputar 18 gram, karbohidrat seputar 8 gram, serat 0, 7 gram serta lemak sebesar 13 gram. 

Ikan lele juga memiliki kandungan beragam vitamin serta mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, dan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, serta zinc. Ikan lele juga kaya kandungan vitamin D. 

Ikan lele yang di kembangkan peternakan, kemungkinan memiliki kandungan merkuri lebih sedikit lantaran diberikan pakan spesial. Ikan lele dari peternakan juga dimaksud memiliki kandungan sedikit asam amino 3 namun asam amino 6 lebih tinggi. 
Mengkonsumsi asam lemak ini disangka dapat kurangi resiko kanker type spesifik, peradangan seperti rheumatoid artritis, kurangi tingkat tekanan darah, bahkan juga melindungi kesehatan mental. 

Walau sekian, riset yang dikerjakan membuka, asam omega 6 bisa merubah sistem pembekuan darah serta rawan pada sistem oksidasi. Hingga asam omega 6 tingkatkan resiko penggumpalan darah, penyakit radang usus besar, serta kanker. 

Jumlah Konsumsi 
Ikan adalah salah satu protein yang baik untuk mensupport jantung sehat. Walau sekian, tetaplah jeli menyajikan ikan terlebih pada bayi, anak-anak, dan wanita hamil. 

Tentukan yang paling sedikit memiliki kandungan merkuri, baik dari lingkungan maupun industri. 
Merkuri yang terlalu berlebih pada badan bisa menyebabkan jelek, seperti masalah perubahan pada anak, penyakit kardiovaskular, serta bahkan juga kehilangan ingatan pada orang dewasa. 

Untuk mengambil manfaat ikan lele, sekalian menghimpit resikonya, baiknya batasi mengkonsumsi ikan lele. Diluar itu, variasikan konsumsi ikan dari type lain yang kaya kandungan gizi seperti salmon serta tuna. 

Mengkonsumsi ikan dianjurkan minimum 2 x dalam satu minggu. 
Yang tidak kalah utama untuk mengambil manfaat ikan lele yakni memasaknya lewat cara yang lebih sehat. Dibanding memproses makanan lewat cara menggoreng, ikan lele akan tambah baik dipanggang atau dibakar. 

Pastikan saus yang rendah kalori. Nutrisi ikan lele termasuk juga konsumsi protein hewani yang baik untuk badan. Tentukan langkah memproses serta menu sehat yang sesuai sama selera untuk mengoptimalkan manfaat ikan lele. (*)
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar