Umumnya orang mengasosiasikan yoga dengan seorang yang duduk dalam posisi lotus, tangan di lutut dengan telunjuk serta ibu jari sama-sama menyentuh. Posisi jari ini dimaksud " Mudra " serta seperti titik-titik tekanan, tehnik ini bisa memengaruhi situasi fisik serta emosional. 
Mudra sudah di kenal di Timur sepanjang beberapa ribu tahun, bukan sekedar dalam meditasi atau yoga, namun sebagai sisi dari pengobatan untuk beragam penyakit fisik serta mental. Terkadang, orang menyimpan jari-jari mereka di posisi mudra tanpa ada menyadarinya. 

Ada beberapa ratus variasi mudra, yang meliputi kepala, tangan serta badan, semasing menolong pengobatan penyakit yang tidak sama. Kali ini kami bakal menghadirkan 10 posisi mudra yang paling enteng, yang bisa Anda kerjakan dimana serta setiap saat. 

Kerjakan latihan ini dengan ke-2 tangan dengan cara bersamaan, serta baiknya dikerjakan sembari duduk. 

1. Gyan Mudra (Knowledge) 


Ujung jari telunjuk Anda menyentuh ujung ibu jari, sesaat sisa jari yang lain terus lurus. 

Tujuan : mudra ini merangsang kelenjar hipofisis, yang mengontrol metabolisme, dan siklus tidur Anda. Gyan menolong tingkatkan memori Anda, menghindar insomnia, menjernihan pikiran serta bisa menolong dalam menghindar demensia. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. 

2. Prithvi Mudra (Bumi) 


Ujung ibu jari menyentuh ujung jari manis Anda. sesaat sisa jari terus lurus. 
Tujuan : Prithvi menolong Anda dengan kekurangan fisik serta mental, menghindar lesu kritis, memberi dorongan daya serta kurangi tanda-tanda osteoporosis. Manfaat yang lain yaitu pencegahan kulit kering, ruam, penuaan, rambut rontok, serta bahkan tukak lambung. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. 

3. Varuna Mudra (Air) 


Ujung jari kelingking menyentuh ujung ibu jari sesaat bekas jari terus lurus. 
Tujuan : Varuna menolong menyeimbangkan situasi mental Anda, dan cairan badan (menghindar kekeringan pada mata, mulut, system pencernaan serta kulit). Mudra ini dapat menolong dalam hentikan kram serta sembelit, dan mengatur siklus menstruasi serta penyimpangan hormonal yang lain pada wanita. Diatas seluruhnya manfaat ini, bisa menghindar degradasi sendi, anemia, serta bahkan juga bisa meningkatkan indera perasa. 

Kerjakan sepanjang 45 menit sehari-hari, atau sepanjang 15 menit 3 kali satu hari. Jauhi bila Anda tengah bertemu dengan retensi air yang terlalu berlebih. 

4. Vayu Mudra (Air) 


Jempol memegang telunjuk turun sesaat sisa jari terus lurus. 
Tujuan : Vayu menolong kurangi stres serta kekhawatiran, dan intensitas nada Anda. Hal ini menolong dalam pengambilan ketentuan serta ketidaksabaran, rasa malu, kegelisahan, cegukan, kram, pusing, serta tanda-tanda bahkan juga Parkinson. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. 

5. Shunya Mudra (Kekosongan) 


Ibu jari memegang jari tengah ke bawah sesaat sisa jari terus lurus. 
Tujuan : Shunya efisien dalam masalah sakit telinga serta berfungsi juga sebagai penguat keyakinan. Posisi ini dapat menghindar perasaan kekosongan, tinnitus, serta bahkan juga vertigo. 

Dalam masalah sakit telinga yang berat, vertigo atau mati rasa anggota tubuh, melakukan mudra ini hingga masalah teratasi. Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. Cermati bahwa pakar merekomendasikan hentikan sesudah masalah usai. 

6. Surya Mudra (Sun) 


Ibu jari memegang jari manis turun sesaat sisa jari terus lurus. 
Tujuan : mudra ini menolong aktifkan tiroid, turunkan berat tubuh serta merevitalisasi system pencernaan. Hal ini juga menolong dalam kurangi stres serta kekhawatiran sembari melindungi Anda terus konsentrasi pada maksud Anda. Manfaat lain dari Surya yaitu melindungi Anda hangat bila Anda menderita kedinginan. 

Lakukan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. Cermati suhu badan Anda ada di posisi ini, serta berhenti sesudah badan Anda mulai memperoleh terlalu hangat. 

7. Prana Mudra (Hidup) 


 Ujung jari manis serta kelingking menyentuh ibu jari Anda sesaat sisa jari terus lurus. 

Tujuan : Prana menolong memperkuat pikiran Anda serta bisa tingkatkan motivasi. Hal ini juga tingkatkan penglihatan Anda, kurangi kelelahan serta depresi, serta tingkatkan system kekebalan badan. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. 

8. Apana Mudra (Pencernaan) 


Jari tengah serta manis dipegang oleh ibu jari. 
Tujuan : Apana menolong mengatur ginjal serta usus, hingga menolong dalam bersihkan badan Anda dari racun serta menghindar sembelit. Faedah yang lain yaitu pencegahan mual serta muntah, dan sensasi terbakar waktu buang air kecil. Posisi ini sangatlah berguna untuk pasien diabetes lantaran mengatur kandungan glukosa darah. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. 

9. Apana Vayu Mudra (Hati) 


Telunjuk menyentuh pangkal ibu jari sesaat jari tengah serta manis dipegang oleh ibu jari. Kelingking terus lurus. 

Tujuan : Apana Vayu menolong mencegah penyakit jantung serta masalah jantung berkenaan yang lain. Diluar itu, menghindar gas serta mulas. 

Kerjakan sepanjang 30-45 menit sehari-hari, atau sepanjang 10-15 menit 3 kali satu hari. Bila Anda pernah alami masalah jantung di saat lantas, itu sangatlah disarankan untuk berlatih posisi ini sehari-hari. 

10. Lingga Mudra (Heat) 


Kunci jari-jari Anda sembari menjaga ibu jari lurus kiri. Bungkus ibu jari kiri dengan jari telunjuk serta ibu jari tangan kanan, yang keduanya mesti menyentuh. 

Tujuan : Lingga menolong meningkatkan suhu badan serta kurangi dahak serta kemacetan. Ini menguatkan paru-paru serta sangatlah efisien dalam kasus-kasus dingin, flu, infeksi sinus serta asma. Ia juga di kenal untuk menolong dalam kejantanan seksual pria. 

Dianjurkan agar Anda tidak berlatih mudra ini dengan teratur, tetapi cuma bila Anda sakit. Sesudah gejala hilang, berhenti lakukan posisi ini.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar