Awas, 9 Pembalut Ini Memiliki kandungan Klorin!


JAKARTA, Pembalut umum dipakai wanita waktu menstruasi. Tetapi, beberapa pembalut wanita nyatanya memiliki kandungan klorin, yakni bahan kimia yang umum dipakai juga sebagai pemutih. 

Ada kandungan klorin ini tersingkap dari hasil riset Yayasan Instansi Customer Indonesia (YLKI). Riset dikerjakan dengan mengambil sampel sembilan merk pembalut wanita. Akhirnya, kandungan klorin paling tinggi didapat pada pembalut wanita merk Charm. 

 " Merk Charm dapat dibuktikan memiliki kandungan kandungan klorin paling tinggi, yakni 54, 73 ppm (parts per million), " tutur peneliti YLKI, Arum Dinta, dalam jumpa pers di Kantor YLKI, Selasa (7/7/2015). 

Lalu, dengan cara berturut-turut, yakni merk Nina Anion (39, 2 ppm), My Lady (24, 44 ppm), VClass Ultra (17, 74 ppm), Kotex (8, 23 ppm), Hers Protex (7, 93 ppm), Laurier (7, 77 ppm), Softex (7, 3 ppm), serta Softness Standard Jumbo Pack (6, 05 ppm). 

Pembelian sampel dikerjakan dalam kurun saat Desember 2014-Januari 2015 dari ritel moderen, agen, serta toko. Uji laboratorium memakai cara analisa kimia spektrofotometri yang dikerjakan di laboratorium TUV NORD Indonesia yang sudah terakreditasi. 

Arum menuturkan, bahan pembalut yang dipakai tak 100 % dari kapas, namun ada yang memakai kombinasi bubuk kayu serta limbah baju yang memiliki kandungan klorin. Riset ini juga, lanjut Arum, dikerjakan untuk penuhi hak customer untuk menggunakan product yang aman. 

Kandungan klorin pada pembalut di kuatirkan bisa menganggu kesehatan organ intim wanita yang mengakibatkan resiko iritasi sampai keputihan. " Perusahaan mesti memerhatikan keamanan product yang dibuatnya, terlebih di daerah peka untuk wanita, " kata Arum.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar