10 Hal yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Liver Anda


Salah satu organ vital kita yaitu liver (hati). Hati yaitu organ paling besar dari badan serta terlibat dalam lebih dari 500 manfaat yang tidak sama dari badan termasuk pencernaan, metabolisme, penyimpanan nutrisi serta pembuangan racun.  
Oleh karena itu, melindungi agar liver kita terus dalam keadaan sehat yaitu kunci dari kesehatan kita. Kebiasaan-kebiasaan spesifik yang mungkin saja pernah kita kerjakan otomatis dapat bikin liver kita jadi terganggu. Di bawah ini 10 hal yang bisa menyebabkan kerusakan liver, seperti ditulis DNA (17/01/2014). 

1. Alkohol 
Mengkonsumsi alkohol yang sering yaitu pemicu paling umum dari kerusakan liver. Apabila Anda minum alkohol, liver akan diarahkan dari beberapa fungsi yang lain serta fokus terlebih pada merubah alkohol jadi bentuk yang kurang toksik. Penyerapan alkohol oleh hati mengakibatkan penyakit hati berlemak, peradangan hati, serta sirosis. 

2. Obesitas 
Orang yang alami obesitas mempunyai jumlah keunggulan lemak badan yang condong menumpuk di seputar liver, mengakibatkan apa yang dikenal juga sebagai penyakit liver berlemak. Obesitas juga dihubungkan dengan sirosis liver serta gagal liver. 

3. Diabetes 
Mempunyai diabetes tingkatkan resiko penyakitliver sebesar 50 %. Orang dengan diabetes karena resistensi insulin mempunyai tingkat insulin dalam darah mereka yang menyebabkan kenaikan berat tubuh pada perut. Hal semacam ini mengakibatkan liver menaruh lemak internal, yang mengakibatkan penyakit liver berlemak. 

4. Tinggi konsumsi garam 
Konsumsi garam tinggi di kenal bisa tingkatkan tekanan darah, namun dapat juga mengakibatkan penyakit liver berlemak dengan bangun cairan di liver (retensi air) serta pembengkakan liver. 

5. Merokok 
Walau asap rokok tidak mempunyai dampak segera pada manfaat liver, bahan kimia beresiko dalam asap rokok tingkatkan stres oksidatif system sesudah meraih liver, mengakibatkan ireversibel merusak beberapa sel liver. 

6. Terlalu sering memakai Obat 
Terus-terusan memakai obat dosis tinggi serta obat resep spesifik di ketahui mengakibatkan rusaknya liver. Sebagian obat ini termasuk juga antidepresan, stabilisator situasi hati, kortikosteroid (dipakai untuk menyembuhkan peradangan) serta pembasmi rasa sakit Baca panduan karenanya utama untuk meninjau efek samping obat saat sebelum mengonsumsinya. 

7. Suplemen gizi 
Penelitian tunjukkan bahwa suplemen makanan atau gizi bisa tingkatkan produksi enzim liver spesifik saat di ambil dalam jumlah berlebihan mengakibatkan kerusakan. Penyebab populer toksisitas liver yaitu overdosis vitamin A. 

8. Penggunaan yang tidak pas dari obat-obatan alternatif 
Anda bisa berpindah ke penyembuhan alternatif untuk hindari dampak samping dari obat-obatan. Tetapi obat herbal dapat juga beresiko untuk liver dalam jumlah berlebihan. 

9. Kemoterapi 
Orang yang melakukan kemoterapi untuk penyembuhan kanker mempunyai resiko mengakibatkan kerusakan liver mereka karena dampak samping berkenaan obat. 

10. Infeksi serta penyakit : 
*) Virus hepatitis A, B, C, serta hepatitis autoimun menyerang beberapa sel liver dengan cara segera mengakibatkan peradangan. Tanpa ada penyembuhan yang pas, hepatitis bisa mengakibatkan sirosis liver (pengerasan serta sisa luka dari jaringan liver) serta dengan cara bertahap bisa mengakibatkan tidak berhasil liver. 

*) Tuberkulosis (TB), walau dengan cara klinis diam, bisa mempengaruhi liver bakteri yang mengakibatkan tuberkulosis masuk ke hati serta menginfeksinya. Dalam usaha untuk melawan infeksi, hati merespon bakteri kolonial, yang mengarah ke pembentukan tumor. Keadaan ini disebut sebagai TB liver. 

*) Infeksi usus yang dikarenakan oleh ragi Candida mengganggu manfaat detoksifikasi dari penyebab rusaknya liver. 

*) Pestisida serta logam berat 
Paparan pada zat kimia dalam pestisida serta logam berat melalui sayuran, buah-buahan serta makanan tercemar dapat juga mengakibatkan kerusakan liver. Racun ini dapat disimpan dalam hati sepanjang seumur hidup hingga mengakibatkan kerusakan liver. 

Tips untuk mempunyai liver yang sehat 
1. Melindungi berat tubuh yang sehat dengan hindari makanan berlemak serta terus sehat. Ubah junk food dengan makanan sehat dari seluruhnya grup makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, product susu, serta sayuran. Jauhi diet yang mungkin saja mengekspos liver dengan keadaan stres. Olahraga dengan teratur untuk membakar lemak berlebihan bila Anda keunggulan berat tubuh. 

2. Saat sebelum mengambil obat apa pun, mencari peringatan toksisitas liver pada label. Ikuti dosis yang disarankan oleh dokter Anda. Tanyakan dengan dokter Anda bila Anda mengambil sebagian obat untuk keadaan yang tidak sama untuk meyakinkan mereka tidak merusak liver Anda. 

3. Kebersihan yang baik memerankan utama dalam menghindar infeksi virus. Infeksi hepatitis bisa ditularkan lewat makanan yang terkontaminasi, air, darah serta cairan badan lain, terlebih saat Anda melancong ke luar negeri. Check wabah saat sebelum melancong. Janganlah sharing pisau cukur atau jarum dengan siapa juga. 

4. Minum banyak cairan. Dari pada minum kopi, teh, atau minuman soda tambah baik minum juice buah fresh serta banyak air. Ini akan menolong liver untuk detoksifikasi system. 

5. Berhenti merokok. Merokok bukan sekedar mengakibatkan kerusakan liver dengan sendirinya namun juga tingkatkan dampak toksik obat-obatan untuk liver Anda. 

6. Jauhi alkohol. Makin banyak Anda minum, makin kemungkinan besar Anda untuk merusak hati. 

7. Bila Anda mempunyai diabetes atau hipertensi, periksakan dengan teratur glukosa Anda, kandungan lemak serta cholesterol yang bisa mengakibatkan penyakit liver berlemak.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar