1000 Khasiat Dan Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Jeruk Nipis, siapa` yang tidak mengetahui buah yang satu ini karena memiliki bentuk yang mungil serta rasa yang khasnya. Buah yang mempunyai nama latin Citrus aurantifolia memanglah populer terasa yang asam. Tetapi di balik kemungilannya tersimpan banyak manfaat serta terdaftar sejumlah 26 manfaat ada dalam buah yang asam ini serta salah satu khasiatnya terkait dengan perawatan kulit muka. 

Lalu mengapa Jeruk Nipis Bermanfaat untuk Kulit Muka? Oke, pada intinya jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi serta beragam jenis asam buah yang mempunyai kandungan gula alami yang sangatlah berguna untuk kulit muka. 

Manfaat Jeruk Nipis 
Tersebut Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan : 

Menolong Dalam Pengangkatan Sel Kulit Mati 
Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) dalam buah jeruk nipis dapat mengangkat beberapa sel kuliat mati yang ada diwajah kita. Hal semacam ini sudah dapat dibuktikan dengan adanya beragam jenis penelitian. Kulit yang bersih bisa bikin pori-pori bernapas lebih bebas, mendorong pembentukan kulit baru yang lebih sehat, serta melindungi elastisitas kulit. Untuk hasil optimal, gunakan air jeruk nipis murni serta berikan ke kulit muka dengan pertolongan kapas. 

Membantu Bersihkan Komedo 
Komedo merupakana permasalahan yang kerap serta umum berlangsung untuk beberapa orang. Bahkan juga beberapa orang yang terasa kesusahan dalam bersihkan komedo karena senantiasa ada, ada serta ada lagi. Walau sebenarnya dengan buah jeruk nipis ini kita bisa kurangi komedo bahkan juga menyingkirkan komedo dari muka kita. Resep tradisional yang telah dapat dibuktikan ampuh untuk menangani ini yaitu dengan menggosokannya air jeruk nipis ke semua muka yang banyak terdapat komedo setiap malam. Biarlah saja semalaman serta basuh esok paginya. Kerjakan dengan cara teratur untuk hasil yang maksimal. 

Bikin Muka Lebih Sehat serta Bersinar 
Dengan terangkatnya Komedo serta beberapa sel kulit mati, jadi kulit bersih yang umumnya tampak bersinar akan segera tampak. Pengangkatan sel-sel kulit mati bikin tumbuhnya beberapa sel kulit yang baru serta dengan cara automatis bikin kulit kita jadi fresh. 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan : 
Jeruk nipis memiliki kandungan minyak terbang limonene serta linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin serta naringin. Kandungan buahnya yang masak yaitu synephrine serta N-methyltyramine, terkecuali asam sitrat, kalsium, fosfor, besi serta vitamin A, B1, serta C. Asam sitratnya dapat menghindar kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal. 

1. Ambeien 
Sejumlah 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, selanjutnya direbus dengan air 1 liter sepanjang 1/2 jam, lantas saring. Diminum hangat-hangat 3 kali satu hari. 

2. Amandel 
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu di rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 3/4, saring. Air itu digunakan untuk berkumur-kumur. Kerjakan 3-4 kali satu hari. 

3. Anyang-anyangan 
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu di beri gula batu seperlunya serta 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekalian satu hari sekali. 

4. Batuk 
Satu jeruk nipis dicuci, diperas, digabung dengan 1 _ sendok makan madu serta sedikit garam, aduk sampai rata lantas disaring. Diminum 2-3 kali satu hari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk sampai rata, diminum 1 kali satu hari hingga sembuh.

5. Batuk dibarengi Influenza 
Potong suatu jeruk nipis masak serta mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Imbuhkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sembari diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali satu hari 2 sendok makan. 

6. Bau Tubuh 
Cara 1 : 
Potong jeruk nipis yang cukup besar jadi 2 sisi, oleskan sisi irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Berikan ke ketiak sesudah mandi. Biarlah sepanjang 5 menit lalu dibasuh, lalukan setiap pagi serta sore. 

Cara 2 : 
Sebagian helai (10) daun muda jeruk nipis ditumbuk hingga halus, dilumatkan, pulung kecil-kecil seperti pil, makan 3 kali satu hari. 

7. Batu Ginjal 
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum sesudah makan malam. Kerjakan setiap hari sepanjang 10 hari. 

8. Difteri 
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur sepanjang dua menit waktu masih tetap hangat, lalu diminum. Kerjakan 3 kali satu hari. 

9. Demam atau Flu 

Cara 1 : 
Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, lebih dengan 3 siung bawang merah yang sudah dilumatkan serta 1 sendok makan minyak kelapa. Berikan pada kening penderita. 

Langkah 2 : 
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, imbuhkan 1 sendok makan madu. Minum sekalian. 

10. Haid Tidak Teratur 
Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu serta 2 gelas air panas diaduk rata. Minum pada saat hangat. Kerjakan 3 kali sehari 

11. Setelah Melahirkan 
Satu sendok makan kapur sirih ditambah 2 sendok makan minyak kayu putih serta 2 butir perasan jeruk nipis kampung, diaduk hingga rata, oleskan pada perut. Kerjakan selama 3 bulan setiap hari setelah mandi, agar perut terlepas dari keriput, terus halus serta kempis seperti yang lalu. 

12. Jerawat 
Satu jeruk nipis diiris lalu digosokkan pada kulit muka. 

13. Menghindar Rambut Rontok atau Berketombe 
Dua jeruk nipis dipotong jadi tiga sisi, berikan pada kulit kepala hingga rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas esok harinya. Kerjakan 3 kali satu minggu. 

14. Melebatkan Rambut 
Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung hingga rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit hingga merata, biarlah sepanjang 2 jam baru dibasuh dengan shampo merang supaya rambut jadi mengkilap serta lebat. 

Shampo merang di buat dari 1 ikat merang, dibakar hingga jadi arang, bukanlah abu, rendam di air serta biarlah semalaman. Saring, serta shampo merang siap untuk keramas. 

15. Hentikan Rutinitas Merokok 
Irislah 1 jeruk nipis, isap lantas minum air putih. Kerjakan sekian kali satu hari. 

16. Vertigo 
1/2 genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, serta dahi. Kerjakan 2 kali satu hari. 

17. Radang Tenggorokan 
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lantas peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, imbuhkan 1 sendok makan madu sembari diaduk rata. Pada saat hangat, pakai ramun ini untuk berkumur sepanjang 2-3 menit. Kerjakan 3 kali sehari. 

18. Lendir di Tenggorokan 
Potong 2 buah jeruk nipis, peras airnya, tampung di gelas. Tambahkan sedikit garam, lalu aduk hingga rata. Ramuan ini bisa diminum ketika perut kosong. 

19. Kurap atau Panu 
Bersihkan 1 genggam akar landep (Barleria prionitis L.) hingga bersih, lantas tumbuk halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis sembari diaduk rata. Oleskan di bagian kulit yang terserang kurap atau panu, lantas balut dengan kain perban. Ubah balutan 2 kali sehari hingga sembuh. 

20. Demam/Panas Waktu Malaria 
Siapkan 3 lembar daun jeruk nipis serta daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , serta 5 lembar daun prasman (Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus beberapa bahan itu dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Sesudah dingin, saring. Air saringan itu dibagi dua, diminum pagi serta sore. 

21. Terkilir 
Tiga Buah jeruk nipis masak serta banyak airnya dibelah jadi dua. Masukkan ke poci lantas diseduh dengan 1/2 cangkir air panas, lalu ditutup. Sesudah dingin di ambil jeruknya lalu diperas serta disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih serta 2 sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini digunakan untuk mengurut sisi yang cedera. Kemudian minum 3/4 gelas air kelapa hijau muda. Kerjakan 3 kali sehari. 

22. Pegal Linu 
Bersihkan daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, serta daun sambiloto (semasing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, serta 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk hingga halus. Rendam ramuan itu dalam 1 liter alkohol sepanjang 7 hari. Air perasannya bisa dipakai untuk menggosok serta mengurut sisi badan yang sakit. 

23. Sakit Gigi 
Campur air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam serta gilingan legetan warak semasing 1 sendok makan. Imbuhkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lantas aduk hingga rata. Setelah itu peras ramuan itu serta saring. Pakai air saringannya untuk berkumur sepanjang beberapa menit, lalu buang. Kerjakan 4-6 kali satu hari. 

24. Melangsingkan Tubuh 
Imbuhkan air perasan satu buah jeruk nipis ke cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini tiap-tiap pagi serta sore hari. Kerjakan setiap hari. 

25. Menaikkan Stamina 
Campur sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis serta sedikit irisan gula merah. Aduk hingga rata, lantas minum. Kerjakan sekali dalam satu minggu. 

26. Desakan Darah Tinggi 
Siapkan 20 kuntum bunga serta 30 lembar daun jeruk nipis. Bersihkan hingga bersih, lalu imbuhkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus beberapa bahan itu dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. Sesudah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali satu hari 3/4 gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Kerjakan setiap hari.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar