Hindari 6 makanan ini saat terkena batu ginjal


Kebanyakan orang tidak mengerti bahwa mereka mempunyai batu ginjal sampai hingga pada tahap yang serius, saat batu ginjal berukuran besar. Alami batu ginjal memang sangat menyakitkan. Diluar itu, makanan serta minuman yang dikonsumsi juga mesti sangatlah diperhatikan. 

Beberapa makanan dapat mengakibatkan permasalahan batu ginjal makin kronis. Cermati sebagian makanan yang baiknya tidak dikonsumsi untuk melindungi ginjal terus sehat. Berikut adalah sebagian type makanan yang perlu dijauhi bila Anda mempunyai permasalahan batu ginjal, seperti ditulis oleh Health Site (20/02). 

1. Bayam 
Berdasarkan Dr Deepshikha Agarwal, seseorang pakar nutrisi serta diet, pasien batu ginjal baiknya menghindari konsumsi bayam. Bayam mengandung oxalate yang dapat mengikat kalsium serta membuat kristal kalsium oxalate atau batu saat ginjal memproduksi urine. 

Bila Anda konsumsi bayam saat alami masalah dengan batu ginjal, situasi akan makin parah. Walau demikian, bukanlah bermakna orang yang terserang batu ginjal sekalipun mesti hindari bayam. Pasien masih diijinkan makan bayam sekali atau 2 x seminggu, tidak lebih. 

2. Tomat 
Tomat juga sayuran yang mengandung banyak oxalate. Tomat umumnya dikonsumsi dengan cara segera atau terdapat dalam masakan. Hindari tomat tentu bukanlah pekerjaan gampang karena tomat umum digunakan dalam beragam masakan juga sebagai perasa. 

Walau demikian, konsumsi tomat sesekali juga bisa lantaran makanan ini mengandung banyak nutrisi. Untuk menghindar lebih banyak permasalahan, menghilangkan biji tomat saat mengonsumsinya serta janganlah konsumsi terlalu banyak tomat. 

3. Cokelat 
Sukai cokelat? Bila Anda punya masalah dengan batu ginjal, cokelat yaitu pantangan paling besar. Cokelat juga di ketahui mengandung oxalate yang dapat bikin situasi ginjal makin parah disebabkan batu ginjal. 

Konsumsi cokelat memanglah masih diijinkan sekali satu minggu, tetapi baiknya jauhi makan cokelat serta ubah kegemaran Anda pada makanan manis dengan makanan yang lain. Walau cokelat dapat memberi banyak manfaat kesehatan, tetapi tidak baik bila Anda memiliki batu ginjal. 

4. Teh 
Teh memanglah adalah salah satu minuman sehat yang kaya faedah untuk kesehatan. Tetapi bila Anda mempunyai batu ginjal, baiknya jauhi minum teh. Minum teh bakal bikin batu ginjal makin jadi membesar serta menyebabkan beragam jenis komplikasi. 

Batasi konsumsi teh, atau jauhi sekalipun. Minum air putih tambah baik untuk kesehatan badan dibanding teh bila Anda memiliki masalah dengan batu ginjal. 

5. Makanan laut 
Orang yang mempunyai batu ginjal baiknya berhati-hati waktu konsumsi makanan laut. Sebagian makanan laut banyak terkandung zat bernama purines. Purines pada badan dapat tingkatkan produksi asam urat yang pada gilirannya memicu terbentuknya batu asam urat. 

Karenanya, bila Anda punya masalah dengan batu ginjal baiknya batasi atau jauhi makanan laut seperti ikan, tiram, cumi, daging merah, serta makanan penuh protein yang lain yang mengandung purine. 

6. Makanan asin 
Konsumsi terlampau banyak saja telah tidak baik untuk kesehatan orang yang normal, terlebih orang yang punya masalah dengan batu ginjal. Sangatlah utama untuk membatasi mengkonsumsi garam serta makanan asin setiap harinya. 

Ini karena garam memiliki kandungan sodium yang menyebabkan terlampau banyak pengeluaran kalsium pada urine yang di proses oleh ginjal. Serta keunggulan kalsium ini bakal mengikat oxalate yang ada pada makanan untuk lalu mengakibatkan pembentukan batu ginjal. Karenanya, baiknya jauhi makanan yang banyak mengandung garam. 

terkecuali makanan diatas, juga jauhi makanan lain seperti jambu, kacang tanah, ubi jalar, serta buah bit. Ubahkan beberapa makanan itu dengan makanan serta minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral, juice lemon, air kelapa, serta makanan yang lain yang dapat menghindar terbentuknya batu ginjal.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar