INI BAHAYANYA Mandi Malam Hari Bagi Kesehatan Tubuh


Sering kali kita mendapat teguran dari orangtua atau orang-orang terdekat waktu kita mandi pada malam hari. Mereka bilang mandi malam-malam tidak baik untuk kesehatan. Kita dapat terserang berbagai jenis penyakit seperti reumatik dan lain sebagainya. 

Lalu bagaimanakah bila karena kesibukan, kita mesti melakukannya? 
Apakah benar apa yang mereka katakan itu? tersebut disini efek bahaya mandi malam hari untuk kesehatan badan manusia. 

1. Mandi malam menyebabkan rematik 
Reumatik yaitu penyakit autoimun, yakni penyakit yang berlangsung pada peradangan persendian, hingga seorang yang terserang penyakit ini akan merasakan nyeri pada sendi yang terserang. 
Penyebab reumatik sendiri belum terlalu jelas, menurut beberapa pakar kesehatan penyakit ini dikarenakan oleh kelainan genetik yang menyerang orang yang sudah bersia produktif. 

Mengenai gejala reumatik tersebut yaitu seperti berikut : 
Nyeri pada persendian 
Ada warna kemerahan pada sendi 
Daerah persendian merasa hangat waktu diraba 
Sendi kaku waktu pagi hari 
Berkurangnya manfaat sisi persendian yang terkena 

Penyakit ini termasuk tidak beresiko, walau demikian bila ada tanda-tanda reumatik cepatlah menghubungi dokter. Apabila anda yaitu pasien reumatik baiknya bila terpaksa mandi pada malam hari, gunakanlah air yang hangat. Karena air yang dingin bisa memperparah penyakit anda. 

2. Mandi malam menyebabkan penuaan dini 
Mandi malam dapat mempercepat penuaan awal. Sebagian orang mengatakan bahwa badan tidak kuat terima rangsangan air dingin waktu kita mandi malam, hal ini menyebabkan metabolisme badan bertambah. Karenanya badan memerlukan suplai kalori serta oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya. 

3. Mandi Malam Mengakibatkan Paru Paru Basah 
Mandi malam dapat mengakibatkan paru-paru basah. Mitos ini dapat tidaklah benar. Paru-paru basah dikarenakan oleh infeksi virus serta bakteri yang datang dari hawa. Pasien umumnya alami batuk berdahak, susah bernafas, sampai badannya menggigil. 

Adapun beberapa gejala dari penyakit ini yaitu : 
Pada manusia berumur di atas 65 th., suhu badan akan lebih rendah dari suhu normal. 
Pasien alami batuk berdahak 
Merasa nyeri pada dada waktu bernafas serta batuk 
Sesak nafas (asma) 
Demam 
Tingkat kelelahan yang tinggi 
Pusing 
Mual diikuti muntah-muntah 
Diare 
Penyakit ini tidak dapat sembuh kurun waktu yang lama. Tanda-tanda paru-paru basah ringan mirip dengan pasien flu dan batuk biasa. 

4. Asam Urat 
Bisa mengakibatkan serangan asam urat. Penyakit ini sesungguhnya berlangsung karena banyak mengkonsumsi zat purin pada badan kita hingga kandungan asam urat pada badan bertambah. Serta hal itu bisa mengakibatkan ginjal tidak dapat menyimpan maupun buang zat itu. 

Mengenai tanda-tanda penyakit ini yaitu : 
Persendian merasa ngilu, 
nyeri, 
bengkak serta kemerahan. 
Terlebih pada pagi serta malam hari. Frekwensinya sangatlah sering terjadi. Serta untuk yang telah parah, jadi waktu menggerakkan anggota tubuh akan merasa sakit sekali. Umumnya penyakit ini menyerang sendi jari tangan, kaki, tumit, siku, dan pergelangan tangan. Bila anda alami penyakit ini, baiknya juga hindari bahaya kopi. 

Pencegahan 
Cara pencegahannya yaitu dengan hindari makanan yang banyak terkandung zat purin seperti kacang-kacangan, jeroan, sea food, makanan dalam kaleng, serta makanan yang memiliki kandungan zat purin yang lain. 
Jadi yang butuh digaris bawahi yaitu bahwa mandi malam bukanlah penyebab dari beragam jenis penyakit diatas. 

5. Mandi malam mengakibatkan metabolisme badan terganggu 
Saat anda mandi malam, jadi anda mesti waspada karena dapat mengganggu metabolisme badan, kenapa dapat demikian? hal semacam ini karena saat malam hari, suhu badan cenderung telah mulai melemah serta memerlukan istirahat. Bila kita mandi serta pori-pori terbuka jadi air akan masuk ke badan serta mengakibatkan masalah hormon badan. 

6. Mandi malam mengakibatkan masuk angin 
Malam hari yaitu waktunya badan beristirahat, mandi malam hari ternyata sebagian dapat juga mengakibatkan badan masuk angin serta meriang. Terlebih bila suhu badan anda waktu mandi masih tetap tinggi serta panas. 

7. Mandi malam dapat bikin demam 
Berkenaan pori pori badan serta panas badan mulai bertambah pada malam hari, baiknya anda menghindarinya. Hal semacam ini dikarenakan bila badan “panas” kita disiram air dingin saat malam hari jadi pori pori yang tengah terbuka akan bikin tubuh panas serta dingin seperti demam. 

8. Mandi malam dapat beresiko pada nyeri otot 
Banyak orang yang mandi malam hari rasakan nyeri otot, hal semacam ini karena sebab air dingin saat malam hari seperti merasuki tubuh melalui pori pori badan. 

Apakah bahaya mandi malam ini cuma mitos? 
Beberapa pakar kesehatan menyampaikan bahwa mitos tentang mandi malam bisa mengakibatkan reumatik itu yaitu tak benar ada. Beberapa pakar juga menyampaikan bahwa itu tidaklah fator paling utama penyebab penuaan awal, mungkin saja hal itu berlangsung karena keadaan stress waktu bekerja, karena masalah penyakit, keturunan, serta aspek psikologis yang lain. 

Tetapi apa pun itu baiknya kita hindari rutinitas di luar gaya hidup kita ini. 
Di balik bahayanya, nyatanya faedah mandi malam juga cukup baik. Demikian sebaliknya, mandi saat malam hari malah bakal memberi efek baik untuk badan kita seperti : 

Bisa kembalikan keadaan fisik serta emosi. Sesudah melakukan aktivitas sepanjang hari, pasti tubuh akan merasa capek serta terkadang stress juga menempa. Dengan mandi jadi badan akan kembali fresh karena toksin-toksin di dalam badan dapat keluar. 
Menghindar insomnia (masalah tidur). Bila selepas beraktifitas, tubuh kita akan merasa lengket oleh keringat, serta itu dapat menyebabkan kita sulit untuk beristirahat pada malam hari. Dengan mandi, jadi rasa lengket di tubuh akan hilang, serta kita dapat tidur dengan nyenyak tanpa ada masalah rasa gatal maupun lengket di tubuh. 

Dengan mandi bisa memberi ketenangan. 
Bisa menurunkan desakan darah. Untuk pasien tekanan darah tinggi disarankan untuk sering-sering mandi pada malam hari. 
Di balik mitos-mitos yang diketemukan di kelompok orang-orang, baiknya kita lebih bijak dalam menyikapinya. Jangan sempat kita dianggap tidak ingin mendengarkan nasehat orang lain. Efek bahaya mandi malam hari mungkin saja bisa menyerang diri kita sendiri.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar