Ini Durasi Tidur Siang Menajamkan Otak, Hindari 45 menit ke Atas


Tidur siang sesaat atau qailulah menurut Islam sangatlah bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi, yang lain ceritanya bila kelamaan. Pertanyaannya, berapa sih durasi tidur siang yang menyehatkan? 
Hasil riset di City University of New York, pada tahun 2010, temukan, orang yang umum tidur siang dengan saat 10 – 20 menit, mempunyai daya ingat yang lebih tajam dibanding beberapa orang yang tidak melakukannya. 
Tetapi bila tidurnya terlalu lama, malah dapat menyebabkan permasalahan. 
Dengan cara detil, Indonesia Men’s Health merilis hasil riset itu, di bawah ini. 
Tidur siang 10 menit bisa kurangi kelelahan serta tingkatkan ketajaman otak untuk setidaknya 2, 5 jam. Tetapi manfaat ini tidak diketemukan bila tidurnya cuma 5 menit. 
  
Tidur siang 20 menit bisa tingkatkan reaksi serta performa pada pekerjaan yang terkait dengan angka. 
Tidur siang 30 menit bisa bikin seorang mengantuk sepanjang 5 menit pertama sesudah bangun lalu fresh sepanjang 90 menit selanjutnya. 
Tidur siang 90 menit tidak memberi manfaat, malah membuat tubuh lebih capek dari mulanya. Sedang tidur siang kian lebih 90 menit, malah mendatangkan permasalahan. 
  
Dr James Maas, ahli tidur dari Cornell University, merumuskan, tidur sebentar di siang hari bisa kembalikan tenaga serta melindungi kesehatan. 
David Dinges, dari University of Pennsylvania School of Medicine menyampaikan, tidur sebentar di siang hari bisa tingkatkan kewaspadaan, kekuatan memori, kekuatan motorik, pengambilan ketentuan serta semangat, dan bisa turunkan kemungkinan sakit jantung serta stress sebesar 30 %. 
  
Sebagian era saat sebelum penelitian-penelitian ini, umat Islam mengetahui manfaatqailulahdari penjelasan Imam Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin, “Hendaklah seorang tidak meninggalkan tidur yang dalam waktu relatif cepat pada siang hari karena ia menolong beribadah saat malam hari. ” 

Menurut dia, qailulah yang terbaik yaitu saat sebelum zhuhur. Sedang beberapa sahabat Nabi, ada pula yang melakukan qailulah sesudah Zhuhur. 
Dalam kisah Imam Bukhari, Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan : “Kami bersegera datang ke masjid untuk menunggu proses shalat Jum’at serta kami qailulah sesudah shalat Jum’at. ” 

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah mendokumentasikan rutinitas qailulah beberapa teman dekat. 
Ada suatu hadits dari Ibnu Umar, bahwa beliau berkata, “Kami (beberapa teman dekat) pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sukai tidur di masjid, kami tidur qailulah di dalamnya, serta kami pada saat itu masih tetap muda-muda. ” 
  
Bahaya Lebih Sejam 
Seperti di beritakan dechacare. com, hasil riset yang dipublikasikan Livescience sleep specialists dari Leiden University Medical Center, Belanda, temukan, mereka yang tidur siang kian lebih satu jam satu hari, tambah lebih mungkin saja untuk alami masalah metabolisme. 
Riset ini pelajari hampir 27. 000 pria serta wanita berkebangsaan Cina. 
Riset yang dipublikasikan dalam the journal Sleep Medicine, diketemukan, tidur siang mempunyai resiko yang tidak sama pada badan, tergantung dari lamanya tidur. 
Hasil riset tunjukkan bahwa tidur siang lebih lama terkait dengan penambahan resiko gula darah tinggi serta diabetes. 

Sedang tidur siang yang singkat seputar 30 menit dapat bikin kadar gula darah rendah. 
“Temuan ini mungkin saja mempunyai implikasi utama untuk beberapa orang yang teratur tidur siang. Tidur siang mungkin saja bermanfaat untuk individu spesifik, 
namun tidur siang tidak bisa terlalu lama, ” kata peneliti dari Leiden University Medical Center, Eliane Lucassen, diambil Newsmaxhealth. 

Pada studi sebelumnya, beberapa peneliti menuturkan bahwa diabetes bisa dikarenakan oleh terlalu sebentar atau terlalu lama tidur pada malam hari. 
Akibatnya menurut Lucassen, orang yang tidur siang lebih lama mungkin saja bakal kurang tidur pada malam hari, serta hal itu tingkatkan resiko diabetes. 
Tidur siang lebih lama dapat juga mengganggu siklus 24 jam yang mempengaruhi produksi insulin.
Share on Google Plus

About Lita Saputri

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Poskan Komentar