Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan Serta Ketahui Begini Cara Meraciknya.


Untuk para ibu – ibu rumah-tangga yang suka masak pasti akrab dengan daun salam. Benar, daun salam adalah salah satu rempah – rempah yang umum dipakai juga sebagai penyedap masakan. Di kenal dengan nama latin Syzgium polyanthum, daun salam selain dipakai juga sebagai bumbu atau rempah – rempah masakan di Indonesia, ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan badan. 

Pasti Anda ketahui daun salam cuma untuk penyedap masakan bukan? Nah, saat ini butuh Anda kenali bahwa daun salam dapat juga dipakai untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit, seperti asam urat, diare, kencing manis, maag, tekanan darah tinggi serta cholesterol. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan didalam daun salam tersebut. 

Manfaat Air Rebusan Daun Salam 

Daun salam mempunyai kandungan vitamin A, vitamin B yang kompleks serta vitamin C yang cukup tinggi dan ada juga kalsium, zat besi, minyak atsiri, eugenol, sitral, flavonoida serta tannin. Nah, di bawah ini ada beberapa penyakit serta cara mengatasinya dengan memakai air rebusan daun salam, cekidot! 

Manfaat Air Rebusan Daun Salam 

Menyembuhkan Diare serta Masalah Pencernaan 
Daun salam diakui bisa menyembuhkan diare serta masalah dalam sistem pencernaan. Ada enzim didalam daun salam yang menolong memperbaiki rusaknya pada sistem pencernaan. Jika Anda alami hal itu, saya anjurkan untuk konsumsi air rebusan daun salam atau teh dari daun salam. 

Cara membuat ramuan itu cukup mudah, pertama – tama siapkan 15 gr daun salam, selanjutnya bersihkan hingga bersih. Setelah itu rebus dengan satu gelas air selam kurang lebih 15 atau hingga mendidih. Janganlah lupa tambahkan sedikit garam serta saring air rebusan daun salam itu. Minum dalam situasi masih tetap hangat atau dapat pula dalam situasi dingin. 

Menyembuhkan Maag 

 Penyakit maag adalah penyakit yang sering menempa orang yang susah serta tidak teratur makan. Maag dikarenakan oleh lambung yang alami peradangan atau luka hingga menyebabkan rasa sakit pada perut. Salah satu menangani penyakit ini yaitu memakai daun salam sejumlah 16 – 20 lembar atau seperlunya yang sudah dicuci bersih, lalu rebus dengan ½ liter air serta gula merah seperlunya hingga mendidih. Saring serta minum air rebusan tadi dalam situasi dingin dengan cara teratur hingga maag yang Anda derita reda. 

Mengatasi Asam Urat 

Untuk Anda yang menderita penyakit asam urat, konsumsi air rebusan daun salam bisa menangani penyakit asam urat Anda serta cara membuat ramuannya cukup mudah. 

Caranya, bersihkan bersih daun salam 10 lembar, selanjutnya rebus dengan 3 ½ gelas air hingga diperoleh satu gelas saja. Saring serta minum air ramuan itu pada saat masih tetap hangat. 

Membantu Program Diet 

Mempunyai tubuh yang langsing serta proporsional adalah idaman tiap-tiap para wanita. Telah banyak cara yang ditempuh untuk memperolehnya, hingga – hingga melakukan diet yang ketat. Tetapi, sudahkah Anda mencoba memasukan daun salam ke daftar menu diet Anda? Ya, daun salam bisa menolong program diet yang tengah Anda jalankan, dikarenakan di dalamnya ada kandungan enzim serta kaya serat hingga membuat Anda terus kenyang setiap waktu. 

Cara membuatnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun salam sejumlah 30 lembar, selanjutnya bersihkan hingga bersih. Setelah itu rebus daun salam dengan 4 gelas air hingga didapat 2 gelas saja. Saring serta minum dalam situasi dingin 2 gelas sehari-hari saat sebelum tidur. 

Menangani Batuk 

Batuk adalah penyakit yang dapat disebutkan bisa menyiksa si pasien. Hal semacam ini karena ada rasa sakit di tenggorokan yang susah sekali hilang, terlebih batuk berdahak yang susah sekali untuk keluar serta betuk kering yang bisa 
menyebabkan si pasien muntah – muntah. Nah, salah satu jalan keluar untuk menangani itu seluruhnya yaitu dengan memakai daun salam. 

Caranya, siapkan bahan – bahan yang terbagi dalam 7 lembar daun salam yang kering, 3 sendok makan madu serta 1 buah jeruk nipis atau dapat pula memakai jeruk lemon. Lalu, rebus daun salam yang telah dicuci terlebih dulu dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Saring serta tambahkan madu serta perasan jeruk nipis tadi, selanjutnya minum dalam situasi dingin hingga batuk Anda reda. Semoga batuk yang Anda derita selekasnya sembuh. 

Menyembuhkan Hipertensi 
Daun salam yang tinggi akan kandungan zat tannin serta flavonoida bisa menyembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang Anda derita. 

Cara memproses ramuannya cukup mudah dengan merebus daun salam sejumlah 10 lembar yang telah dicuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring serta minum air rebusan itu dengan cara teratur sehari-harinya. 

Nah, sangat banyak kan manfaat dari air rebusan daun salam untuk badan kita. Tumbuhan yang sering kita kenal serta dipakai juga sebagai bumbu masakan sehari – hari, nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan. 
Semoga artikel tentang manfaat air rebusan daun salam ini bermanfaat!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar